6-3-1985: Debut Pertama Mike Tyson

Mike Tyson dan Evander Holyfield
Sumber :
  • REUTERS/GARY HERSHORN
VIVA.co.id
Mengintip Lucunya Gaya Rambut Baru Mike Tyson
- Michael Gerard "Mike" Tyson, yang lahir pada 30 Juni 1966 di Brooklyn, New York, memulai debut pertamanya dalam pertarungan tinju profesional di usia 18 tahun melawan Hector Mercedes, pada 6 Maret 1985.

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Seperti dituturkan laman
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Fist Fight , pada pertandingan itu, Hector tampak berhasil mendaratkan pukulan telak di wajah Tyson. Namun pukulan itu justru membuat si leher beton mengamuk, membuat wasit harus menghentikan pertandingan untuk kemenangan Tyson dengan TKO.


Sebelum terjun ke dunia tinju profesional, dia memenangkan dua medali emas pada Olimpiade Yunior 1981 dan 1982. Belum ada yang mengalahkan rekornya untuk KO tercepat di Olimpiade Yunior, hanya delapan detik.


Sepanjang karirnya yang berakhir dengan kontroversial, Tyson memenangkan 26 dari 28 pertarungan dengan KO atau TKO, dengan 16 diantaranya hanya pada ronde pertama.


Kekuatan ditambah dengan kecepatan pukulan, akurasi dan koordinasi membuat banyak lawan-lawannya terintimidasi, sehingga kerap kali Tyson terlihat leluasa mengeluarkan pukulan-pukulan kerasnya.


Tyson menjadi juara dunia tidak terkalahkan pada 1988, setelah menjatuhkan Michael Spinks dalam 91 detik. Dia berhasil mempertahankan juara tinju kelas berat sebanyak sembilan kali.


Namun pada 1990, dia kehilangan gelar dari petinju yang tidak diunggulkan, James 'Buster' Douglas. Dia berusaha meraih kembali gelar juara dengan dua kali mengalahkan Donovan Ruddock pada 1991.


Tyson divonis bersalah karena memperkosa Desiree Washington dan dihukum enam tahun penjara, pada 1992. Dia dibebaskan setelah hanya tiga tahun di penjara.


Dia mencatatkan serangkaian kemenangan setelah keluar dari penjara, berhasil memperoleh titel WBC dan WBA pada 1996. Setelah dicoret dari gelar WBC, Tyson juga kehilangan gelar WBA dari Evander Holyfield pada November 1996.


Pertarungan kedua Tyson dan Holyfield pada 1997, berakhir dengan diskualifikasi karena Tyson menggigit kuping Holyfield. Pada 2002, Tyson kembali bertanding di usia 35 tahun dan kalah KO dari Lennox Lewis.


Tyson dinyatakan bankrut pada 2003, walau diperkirakan telah menerima lebih $300 juta sepanjang karirnya. Dia memutuskan pensiun sepenuhnya dari tinju profesional pada 2006, setelah dua kali kalah KO secara beruntun dari Dannny Williams dan Kevin McBride. (ren)

Baca Juga :



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya