Penumpang Pesawat Lebih Nyaman Pesan Tiket Online

penutupan loket penjualan tiket di bandara soekarno hatta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Tiket.com Curhat Pajak e-Commerce yang Tak Adil
-  Terhitung per 1 Maret 2015, pembayaran tiket penerbangan langsung di loket Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten ditiadakan. Hal serupa juga berlaku di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, pengguna transportasi udara yang ditemui di Bandara Soetta mengaku lebih nyaman dan efisien pemesanan secara online daripada pemesanan langsung di loket.

2015, Pemesanan di Tiket.com Melonjak Dua Kali Lipat

Rafli, salah satu pengguna maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengaku, pemesanan secara online lebih mudah, juga lebih murah dibandingkan transaksi langsung di loket.

"Lebih murah
Elevenia Incar Pelaku UKM Beralih ke Dunia Digital
online. Kalau manual
kan
bedanya bisa Rp10.000 atau Rp20.000 atau maksimal Rp50.000. Malah kalau waktunya
mepet
mungkin bisa Rp100.000," ujarnya kepada
VIVA.co.id
di Bandara Soetta, Minggu, 1 Maret 2015 yang mengaku selalu membeli via
online.

Senada dengan Fafli, efisiensi pemesanan tiket secara online dirasakan Misa, penumpang tujuan Medan dengan maskapai penerbangan Lion Air.

"Pesannya di rumah saja, lebih enak sebetulnya," tuturnya.

Pengalaman itu membuktikan bahwa masyarakat, khususnya warga Jakarta sudah terbiasa melakukan transaksi melalui jaringan internet. Alasan itu yang mendorong PT. Angkasa Pura II (persero) menerapkan penutupan loket tiket langsung. Wilayah Jakarta dan Medan dipilih sebagai tahap pertama.

"Kenapa Jakarta dan Kualanamu kita terapkan terlebih dahulu, karena masyarakatnya sudah lebih terbiasa menggunakan jaringan internet," ujar Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi kepada VIVA.co.id, di Jakarta.

Peniadaan loket tiket di bandara kelolaan Angkasa Pura II dilanjutkan pada 1 April mendatang. Bandara yang dimaksud yaitu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Internasional Minangkabau (Padang) dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung).

Kemudian, pada 1 Mei , loket tiket yang dihilangkan yaitu, Bandara Iskandar Muda (Aceh), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Bandara Depati Amir (Pangkal Pinang), Bandara Supadio (Pontianak), Bandara Sultan Thaha (Jambi), dan Bandara Silangit (Tapanuli Utara).

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya