Briptu Eka, Polwan yang Masih Bantu Orang Tua Menambal Ban

Briptu Eka sedang menambal ban.
Sumber :
  • tvOne
VIVA.co.id
Kabur saat Disidang, Napi Narkoba Ditangkap di Rumah Istri
- Kemiskinan sepertinya bukan menjadi halangan seseorang untuk mengejar impian. Setidaknya hal itulah yang tergambar dari sosok Briptu Eka Yulian Andini, seorang polisi wanita yang terlahir dari keluarga seorang penambal ban.

Ujung Maut Masalah Pelik Polisi

Tidak ada yang menyangka, wanita yang tinggal di rumah kontrakan Jalan Veteran, Salatiga, Jawa Tengah ini bisa lolos tes kepolisian dan kini bekerja menjadi penegak hukum. Tercatat, Eka kini sudah hampir satu tahun mengabdikan dirinya untuk negara.
Polisi Tewas Gantung Diri di Rumah Kosong


Menurut Briptu Eka, menjadi seorang anggota kepolisian merupakan cita-citanya sejak kecil. Meski terlahir dari keluarga miskin, ia tak malu dan tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi polisi wanita.


Sehari-hari, Eka tinggal bersama kedua orangtuanya di rumah kontrakan kecil berukuran 4 X 6 meter. Sebagian area dari rumah kontrakan itu bahkan telah disulap ayahnya untuk mengais rezeki dengan membuka bengkel tambal ban.


Tak segan-segan, di waktu luang Eka juga selalu membantu kedua orangtuanya dengan ikut menambal ban pengendara motor yang menyambangi rumahnya.


"Keinginan saya cuma satu, yakni membahagiakan orang tua. Sewaktu ikut tes kepolisian dan sempat putus asa, cuma orangtua lah yang membangkitkan semangat saya untuk terus kembali berjuang menjadi polisi wanita," ujar Briptu Eka.


"Saya selalu ingat orangtua, mereka tidak mampu, jadi saya harus bahagiakan mereka," ujarnya lagi.


Kini, Briptu Eka tergabung dalam satuan Sabhara Polres Salatiga. Menurut atasannya, ia bahkan terkenal sebagai salah sseorang polwan yang disiplin dan selalu melaksanakan tugasnya dengan baik.


Setidaknya, usaha Eka yang terlahir dari keluarga miskin merupakan cerminan bagi masyarakat luas. Alih-alih ingin dapur keluarga kecilnya tetap mengepul, ia kini bahkan telah menjadi kebanggan keluarga yang mengabdikan dirinya untuk negara.



Laporan: Aditya Bayu/tvOne/Salatiga

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya