VIDEO: Nusakambangan, Tempat Ideal untuk Eksekusi Mati

Terpidana mati Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id -
Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman
Jaksa Agung, HM Prasetyo, memastikan eksekusi terhadap dua terpidana mati asal Australia, Myuran Sukumuran dan Andrew Chan, akan dilakukan di luar pulau Bali.

Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar

"Saya dapat berita dari Bali bahwa atas kesepakatan para pejabat di sana, termasuk gubernur, mereka minta supaya pelaksanaan eksekusi tidak di Bali. Kita hargai, kita hormati sebagai kearifan lokal," ujar Prasetyo, Jumat 13 Februari 2015.

Jaksa Agung menilai, pelaksanaan eksekusi mati paling tepat memang digelar di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. "Saya mengatakan bahwa tempat paling ideal untuk melakukan eksekusi mati itu di Nusakambangan," katanya.

Namun, Prasetyo belum bisa memastikan di mana eksekusi terhadap kedua terpidana itu. "Waktunya kapan, tentunya yang paling bisa menentukan itu Kejaksaan Bali," kata Prasetyo. Lihat videonya

Kedua terpidana itu saat ini masih berada di LP Krobokan, Denpasar, Bali. Lapas Krobokan diperketat menjelang perpindahan kedua terpidana itu ke Nusakambangan. Begitu juga di Nusakambangan, mendapat penjagaan ekstra ketat jelang eksekusi mati gelombang kedua ini.

Dua napi anggota "Bali Nine" yakni Myuran Sukumuran dan Andrew Chan yang divonis mati karena menyelundupkan 8,2 kilogram heroin dari Indonesia ke Australia.

Baca juga:

5 Fakta Guillotine, Pisau Raksasa untuk Eksekusi Mati
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Kepolisian harusnya tenang dan tidak mempermasalahkan Haris Azhar.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016