Ramuan Herbal Redakan Nyeri Haid

VIVAnews – Rasa nyeri yang menyertai datang bulan memang menjadi pengganggu bagi banyak wanita. Saat nyeri itu datang, perut terasa seperti diremas-remas dan kram.

Nyeri yang dalam bahasa medis disebut dysmenorrhoea itu banyak faktor penyebabnya. Bisa karena kondisi emosi yang tak stabil, bisa karena faktor endokrin atau adanya kontraksi rahim yang berlebihan. Bisa juga karena faktor peningkatan produksi prostaglandin oleh dinding rahim saat menstruasi.

Bila nyeri itu sudah mulai terasa, bisa-bisa Anda tak dapat berkonsentrasi kerja. Solusi yang biasanya langsung diambil adalah meminum obat penghilang nyeri haid. Padahal, kita punya banyak resep tradisional yang sangat manjur mengatasi nyeri datang bulan.

Bahan herbal atau rempah apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri haid?

• Kayu manis

Rempah yang beraroma manis ini mengandung asam sinemik yang bermanfaat untuk meredakan berbagai nyeri, termasuk nyeri haid. Anda bisa menggunakan dalam bentuk minyak kayu manis, bubuk kayu manis, ataupun batang kayu manis.

Campurkan rempah kayu manis dengan air hangat, lalu minumlah untuk mencegah dan mengatasi nyeri haid. Bisa juga ditambahkan pada teh favorit Anda.

• Kedelai

Kacang yang banyak manfaatnya ini kaya kandungan phytoestrogens. Zat tersebut sangat membantu menyeimbangkan hormon tubuh terutama saat menstruasi.

Rebus setangkup kacang kedelai dengan air yang sudah diberi sedikit garam. Cukup rebus lima menit, lalu makanlah kedelai rebusnya. Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai.

• Cengkeh

Campuran bunga cengkeh kering, ketumbar, kunyit, dan bubuk bisa membantu mengtasi derita haid. Seduh bahan tersebut dengan air panas. Saring ampasnya, lalu minum hangat-hangat.

Mengatasi kram

Selain rempah, kita juga memerlukan suplemen lain untuk mengatasi kram yang menyertai haid.

• Minyak ikan

Asam lemak omega 3 sangat bermanfaat untuk mencegah efek peradangan saat haid. Zat ini juga mengurangi rasa sakit saat terjadi kram.

• Vitamin E
Selain baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini sel tubuh, vitamin E juga bisa mengurangi nyeri kram menstruasi. Vitamin E bisa membantu mengatasi efek peningkatan produksi hormon prostaglandin.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit
Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024