Pilkada Serentak, PKB Siap Menangi 8 Daerah di Jatim

Muhaimin Iskandar di Pembekalan Calon Terpilih DPR dari PKB
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menargetkan kemenangan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di delapan kabupaten, atau kota di Jawa Timur.

Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah PKB Jatim, Thoriqul Haq menegaskan, dari 16 kabupaten, atau kota di provinsi Jawa Timur, yang rencananya akan menggelar pilkada serentak, PKB akan berkonsentrasi di delapan daerah.

"Kami targetkan menang di delapan kabupaten, atau petahana kota yang menggelar pilkada, dengan mengusung calon kepala daerah tanpa berkoalisi dengan partai politik lain," kata Thoriqul, saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 31 Januari 2015.

Menurut Thoriq, delapan daerah itu adalah Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, Kabupaten Trenggalek, Sidoarjo, Tuban dan Sumenep.

"Kami siap untuk menghadapi pilkada serentak di 16 kabupaten, atau kota di Jatim dan partai punya calon incumbent yang ditargetkan menang di delapan kabupaten atau kota tersebut," ungkapnya.

Thoriq menegaskan, partainya memiliki tiga opsi untuk mengusung calon kepala daerah, yakni mengusung bakal calon bupati dari kader sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain. Kedua, mengusung dengan koalisi partai lain, dan ketiga menjadi bagian dari koalisi parpol yang mengusung kepala daerah.

"Untuk kabupaten atau kota lain, PKB tetap akan mengusung calon kepala daerah dengan cara berkoalisi, seperti di Kabupaten Malang, Kabupaten dan Kota Blitar dan Kabupaten Jember, karena partai kami tidak bisa memberangkatkan sendiri, sehingga perlu berkoalisi dengan parpol lain," tambahnya. (asp)

PKB Tunjuk Marwan Jafar jadi Ketua Pemenangan Pemilu

Baca juga:

PDIP Merasa Diadu Domba dengan PKB
Kampanye PKB di Pemilu 2014. (Foto ilustrasi).

PKB Bicara Soal Koalisi Kekeluargaan

PKB belum memutuskan dukungannya, termasuk pada Risma.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016