Pengamat: Soal Samad, Sebaiknya Hasto Menahan Diri

Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memakai masker dan topi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVA.co.id -
Dua Mantan Pimpinan KPK Harusnya Sampai Pengadilan
Pengamat politik dari Unair Haryadi menyarankan Plt Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menahan diri dan menunggu suasana dingin sebelum Hasto‎ kembali mengangkat isu dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua KPK Abraham Samad.

Jaksa Agung Tak Buru-buru Deponering Samad dan Widjojanto

"Pada saatnya Hasto harus siap dipanggil Komite Etik KPK, dan di situlah dia dapat menyampaikan bukti-bukti yang dimilikinya, termasuk siap sekiranya dilakukan pemeriksaan dengan
Jaksa Agung: Deponering Widjojanto dan Samad Pekan Depan
lie detector sekalipun," kata Haryadi, Rabu 28 Januari 2015.


Menurut Haryadi, ketika Hasto mengungkapkan lobi politik Samad, alasannya adalah untuk mengembalikan KPK pada spirit kelahirannya. Yakni,  melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi.


"Ini harus menjadi pelajaran penting bahwa pemberantasan korupsi itu harus diletakkan atas prinsip keadilan, melalui ketaatan pada mekanisme hukum," ujarnya.


Menurutnya, pemberantasan korupsi bisa dilakukan dengan ketegasan bukan kegaduhan. Rakyat lebih menghargai pencegahan pemberantasan korupsi, dan pemberian efek jera serta hukuman seberat-beratnya bagi para pejabat negara yang terbukti menyalahgunakan kekuasaannya dengan korupsi.


Haryadi menambahkan rakyat tentunya menghargai berapa banyak kekayaan negara yang bisa diselamatkan. Untuk itulah sebaiknya semua pihak berkepala dingin dan menegakkan hukum yang berkeadilan.


"Mengelola negara ini harus dilakukan dengan menjalankan undang-undang dengan selurus-selurusnya. Tidak boleh ada
interest
politik untuk lembaga sekaliber KPK," tegas Haryadi.


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya