FOTO: Kerennya Motor Kembaran Honda CB200

Honda CL200 lansiran 1974
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id - Bagi penggemar motor klasik, CB200 buatan Honda masih menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati. Bentuk motor yang kekar digabungkan dengan mesin dua silinder membuat motor ini terlihat gagah tanpa perlu tampil berlebihan.

Royal Enfield 600cc Dua Silinder Segera Menyapa

Dilansir dari situs Welovehonda, Sabtu 24 Januari 2015, ternyata motor ini memiliki kembaran, yakni CL200. Seperti CB, CL200 juga mengusung mesin berpiston ganda dengan kapasitas 200cc. Perbedaan dengan CB hanyalah pada bentuk knalpot yang melingkar, mirip seperti udang.

Salah satu penggemar motor klasik asal Kansas, Amerika Serikat, Dan Mantyla, memiliki satu unit CL200 yang kondisinya cukup memprihatinkan. Karat menyerang beberapa bagian bodi dan mesin, membuat motor ini tidak layak digunakan di jalan raya.

Motor Bebek Jadul Honda Muncul Lagi, Tapi Harganya Mahal

Dan kemudian mendapat ide untuk memodifikasi motor buatan 1974 ini. Namun, awalnya ia sempat kebingungan, aliran apa yang ingin ditampilkan pada CL200 miliknya.

Setelah berdiskusi dengan sesama pemilik CL, ia akhirnya memilih untuk merestorasi bentuk motor, dan digabungkan dengan modifikasi ala cafe racer, yang saat ini tengah naik daun.

Banyak ABG Tergila-gila Motor Klasik CB100

Langkah modifikasi yang dilakukan pria berumur 40 tahun ini meliputi penggantian beberapa komponen asli motor seperti lampu belakang, lampu sein, mengganti ban dengan kembang yang agresif, dan membuat setang lebih turun.

Beberapa bodi motor yang sudah retak awalnya hendak diganti dengan yang baru. Namun, Dan kesulitan mencari penutup bodi motor asli, karena sudah tidak ada lagi toko yang menjual komponen tersebut.

Akhirnya ia menambal retak tersebut dengan serat kaca dan kawat, kemudian ditutup dengan cat berwarna biru muda. Urusan knalpot, Dan mendapati komponen pelepas gas buang ini sudah berkarat. Ia kemudian membangun ulang knalpotnya, namun tetap bergaya scrambler yang meliuk ke atas, lengkap dengan aksen warna krom. (one)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya