Indosat Bergairah Jika Pemerintah Gelar LTE di 1.800 MHz

Indosat resmikan layanan 4G LTE
Sumber :
  • Vivanews/Agus

VIVAnews - PT Indosat Tbk (ISAT) telah resmi mengkomersilkan layanan jaringan 4G-LTE (Long Term Evolution) di frekuensi 900 MHz. Namun, tampaknya operator telekomunikasi itu tak sabar agar pemerintah segera menggelar di 1.800 MHz.

Ini, karena kecepatan akses menggunakan 4G di frekuensi 900 MHz terbilang cukup minim dibandingkan jaringan 3G.

"Kecepatan 4G di 900 MHz dengan lebar pita 5 MHz baru bisa 36 Mbps. Sedangkan, di jaringan 3G, kami mencapai hingga 42 Mbps," ungkap President Director & CEO Indosat, Alexander Rusli di Jakarta, Senin 22 Desember 2014.

Alexander mengungkapkan, apabila pemerintah sudah menggelar di frekuensi 1.800 MHz, maka akan berdampak pula pada kecepatan akses yang akan dirasakan oleh konsumen.

"Kalau di 1.800 MHz, bisa lebih cepat lagi daripada di 900 MHz, karena kami mempunyai pita lebar hingga 20 MHz. Jadi, kecepatannya bisa 100 Mbps," terangnya.

Di sisi lain, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pada akhir pekan lalu mengungkapkan, pemerintah akan menggelar layanan 4G-LTE di frekuensi 1.800 pada kuartal pertama tahun depan.

Sebelum membuka di 1.800 MHz, pemerintah perlu untuk mentata di jaringan tersebut, lantaran dianggap berbeda dengan negara lainnya.

"Hanya di kita itu, 1.800 MHz nggak continues, bukan berantakan. Dulu waktu dialokasikan belum mengantisipasi 4G yang harus continues, gitu loh. Kita rapihkan itu semua. Kuartal pertama, policy selesai," jelasnya. (ren)

Baca juga:

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Vicky Prasetyo

Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?

Diungkap Vicky Prasetyo, perayaan ulang tahunnya yang ke-40 terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024