KPK Siap Panggil Foke Soal Rekening Gendut

Foke Dijemput Keluarga di Balaikota
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia
- Komisi Pemberantasan Korupsi diketahui tengah mengusut dugaan "rekening gendut" yang dimiliki mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Saat ini Foke menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jerman.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja, mengungkapkan bahwa pihaknya siap memanggil Foke untuk diminta keterangannya terkait rekening tersebut. "Kalau perlu, kita panggil," kata Pandu, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat 19 Desember 2014.
BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023


Menurut Pandu, penelusuran yang dilakukan KPK salah satunya terkait asal usul aliran dana dalam rekening tersebut. "Ya, hubungannya, asal muasal, bagaimana proses uang itu. Kemudian bagaimana dia mempertanggungjawabkan rekening itu," tutur dia.


Dia menyebut, pihaknya hanya baru mendalami rekening yang dimiliki oleh Foke karena sudah melakukan paparan mengenai rekening tersebut. Namun, menurut Pandu, hal tersebut masih belum masuk ke dalam tahap penyelidikan.


"Sedang didalami, tapi belum sampai penyelidikan," ujar dia.


Sebelumnya KPK menyebut ada beberapa kepala daerah yang memiliki rekening gendut seperti yang dilaporkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).


Menurut KPK, semua laporan PPATK tengah diteliti. Jika pada akhirnya menunjukkan tindakan yang mengarah ke pidana maka KPK akan langsung memproses ke tahap selanjutnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya