Toyota Sabet Gelar Proper Hijau dari Pemerintah

Toyota Indonesia Terima Penghargaan Dari Majalah Marketeers
Sumber :
  • toyota-astra.co.id

VIVAnews - Pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat, mendapat penghargaan Proper Hijau lantaran menerapkan pengelolaan kegiatan usaha berbasis lingkungan.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

“Penghargaan ini memberikan semangat lebih besar lagi kepada keluarga Toyota Indonesia untuk  menekankan aspek lingkungan atau environment concern dalam berbagai kegiatan produksi, termasuk meningkatkan optimalitas progam corporate social responsibility (CSR),” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 19 Desember 2014.

Sebagai informasi, Proper atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup ini diluncurkan pemerintah sejak dua dekade lalu.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Sekaligus menimbulkan efek stimulan dalam pemenuhan peraturan lingkungan dan nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi, dan pengembangan masyarakat.

Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, predikat Proper Hijau seperti yang diterima TMMIN diberikan kepada perusahaan yang memiliki kualitas manajemen pengelolaan lingkungan baik. Hasil ini dilihat dari indikator tertentu yang telah ditetapkan pemerintah.

Kinerja pengelolaan lingkungan itu antara lain dilihat dari sisi pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3, dan pemberdayaan masyarakat (community development).

Di samping itu, kata Warih, Toyota juga telah menerapkan green office dengan mengembangkan area kerja ramah lingkungan, mempromosikan aktivitas lingkungan kepada karyawan dan stakeholders Toyota. Serta menjalin kerjasama dengan masyarakat di sekitar area bisnis Toyota.

“Kami mendukung pelestarian keanekaragaman hayati yang berkaitan dengan peningkatan kehidupan masyarakat di sekitar perusahaan," ucapnya. (ase)

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi
Menanam mangrove.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Dalam upaya menurunkan angka emisi karbon di Indonesia, mangrove memiliki peran penting dalam perubahan iklim dengan kemampuannya yang dapat menyerap gas rumah kaca.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024