Komisi IV DPR Perjuangkan Pelabuhan Pendaratan Ikan di Maros

Kunjungan Komisi IV ke Maros
Sumber :
VIVAnews - Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Bonto Bahari di Dusun Sabang, Desa Bonto Bahari, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros dibangun sejak tahun 2008 dan rencananya siap difungsikan tahun 2012, namun sampai sekarang ini belum tuntas pembangunan. Komisi IV menyatakan siap memperjuangkan PPI agar diselesaikan.
Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Bupati Maros, Hatta Rahman menerima tim kunjungan kerja Komisi IV DPR yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Siti Hediati Soeharto, di Rumah Jabatan Bupati Maros belum lama ini.
SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Ia mengatakan, setiap tahun pihaknya mendapatkan bantuan anggaran dari Kementerian Perikanan. Tahun 2013 mendapat bantuan kurang lebih Rp 25 miliar tapi sampai sekarang belum selesai pembangunan pelabuhannya, karena pencairan anggarannya itu sedikit-sedikit.  Padahal, PPI Bonto Bahari yang menjadi salah satu ikon kebanggaan Maros pada dasarnya untuk pelabuhan perikanan, tapi tidak menutup kemungkinan akan disulap menjadi pelabuhan komoditi.
Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Bupati Maros berharap Komisi IV dapat mendukung penyelesaian pembangunan PPI Bonto Bahari melalui bantuan dari pemerintah pusat. “Mudah-mudahan ini menjadi salah satu agenda untuk diperjuangkan oleh Komisi IV DPR RI,” harapnya.

Anggota Tim Kunker Hamka B. Kadi dari Fraksi Partai Golkar membenarkan bahwa bantuan anggaran untuk PPI di Sulsel itu sangat-sangat sedikit, khususnya di sektor perikanan. “Pelabuhan perikanan memang menjadi masalah khususnya di PPI, tapi itu bukan hanya di Maros dan di Takalar saja,” ujar Hamka.

Hal ini, lanjut Hamka,sudah disampaikan kepada Eselon I Kementerian Kelautan, dan berdasarkan informasi yang diperoleh memang akan diprioritaskan pembangunan infrastruktur yang belum selesai. Ia menyampaikan mubazir proyek ini kalau tidak selesai dan tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan nelayan.

 “Oleh karena itu kita mencoba menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah. Insya Allah, Komisi IV memperjuangkan proyek yang diusulkan terutama untuk menyelesaikan PPI tadi,” jelasnya. (www.dpr.go.id)

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya