Waketum PD: Didukung 80%, SBY Bakal Terpilih Secara Aklamasi

Rapat Umum Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya
- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Hermanto memprediksi Susilo Bambang Yudhoyono akan kembali memimpin Partai Demokrat. SBY akan terpilih secara aklamasi pada Kongres Partai Demokrat mendatang.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

"Saya berkali-kali ke daerah ketemu DPD, dan banyak kader yang menginginkan Pak SBY jadi ketua umum kembali. Saya perkirakan dukungan 80 persen," kata Agus di gedung DPR RI, Jakarta, Jumat 19 Desember 2014.
Diduga Sindir Chandrika Chika, Jefri Nichol Disenggol Netizen Soal Kasus Narkobanya Sendiri


Dengan dukungan mencapai 80 persen itu, sudah bisa diperkirakan bahwa SBY akan terpilih secara aklamasi. Agus menilai, pemilihan calon secara aklamasi juga merupakan proses demokrasi.


Menurut Wakil Ketua DPR RI, saat ini belum ada figur yang bisa menyaingi SBY untuk memimpin Demokrat. Dalam kondisi tertekan, SBY masih mampu mempertahankan perolehan suara Partai Demokrat, dimana hasil Pemilu lalu perolehan suara Demokrat masuk lima besar.


"Ramalan pengamat kita hanya dapat 4 persen, di bawah kendali Pak SBY kita ternyata rebound hingga 10 persen. Makanya kalau Pak SBY kembali terpilih Pemilu 2019 nanti target minimal perolehan suara sama seperti 2009," ujarnya.


Meski demikian, Agus tidak mempermasalahkan kader lain yang akan bersaing dalam Kongres untuk memperebutkan kursi ketua umum Demokrat. Ia menjamin kompetisi akan berjalan secara sehat.


"Kita lihat nanti, semua akan digelar demokratis sesuai AD ART dengan mengacu pada dasar hukum undang-undang partai politik," ucap Agus.


Sementara terkait waktu pelaksanaan Kongres Demokrat, Agus mengaku belum bisa memastikan."Reguleri Mei, namun kongres bisa juga kita majukan. Nanti kita lihat kesiapan. Ini untuk menyongsong 2015, kita harus sudah siap," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya