Menaruh Helm di Atas tangki, Boleh Tidak?

Helm Marc Marquez pada MotoGP Jepang 2013
Sumber :
  • Crash

VIVAnews - Beberapa pengguna sepeda motor bertipe sport, kerap menaruh helm di atas tangki, baik saat sedang berhenti sebentar di sisi jalan maupun parkir.

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan seperti ini ternyata tidak baik?

Dilansir dari situs Welovehonda, Jumat 28 November 2014, helm yang ditaruh di atas tangki bisa rusak. Kerusakan terjadi, karena adanya uap bensin yang keluar dari dalam tangki. Uap bensin ini sifatnya bisa merusak busa yang ada di dalam helm.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Meski uap bensin yang keluar hanya sedikit, namun zat ini bisa melekat di busa. Jadi, apabila hal ini dilakukan berulang kali, kadarnya cukup untuk membuat busa menjadi keras dan kaku.

Mengapa uap bensin bisa keluar, padahal tutup bensin sudah terkunci rapat? Perlu Anda ketahui bahwa setiap tangki bensin membutuhkan saluran hawa. Saluran ini diperlukan untuk mengurangi tekanan yang timbul di dalam tangki.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Jika tekanan terlalu tinggi, dikhawatirkan bensin yang ada di dalamnya bisa terbakar dan menyebabkan tangki meledak. Nah, untuk motor jenis sport biasanya saluran hawa ini ada pada bagian tutup tangki, yaitu berupa lubang kecil yang hampir tidak terlihat oleh mata.

Uap bensin yang menempel pada busa juga bisa menyebabkan helm menjadi bau dan membuat penggunanya mual. Jadi, mulai sekarang jangan lagi taruh helm di atas tangki.

Selain itu, apabila Anda ingin helm tetap bersih dan tidak mudah rusak, biasakan mencuci bagian dalam helm setidaknya satu bulan sekali.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya