Honda Siapkan Lulusan SMK Siap Pakai

Pekerja sedang merakit sepeda motor.
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews – Tak hanya sekedar membuat dan menjual sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM) juga menunjukkan komitmennya untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Kali ini, AHM menunjuk main dealer wilayah Bali, Astra Motor Denpasar, untuk meresmikan laboratorium otomotif SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali, sebagai sarana praktik implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda. Sekolah ini menjadi yang kedua di Pulau Dewat,a yang mengimplementasikan KTSM Honda, setelah SMK PGRI 2 Badung.

Menurut Deputi Head of Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, kegiatan ini sebagai salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan, yaitu dengan menyusun silabus khusus terkait keterampilan teknik sepeda motor bagi siswa SMK.

"Silabus KTSM Honda ini dikembangkan dengan cara memadukan SK-KD (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) yang dikeluarkan Dinas Pendidikan, dengan materi pelatihan teknik Honda yang juga menjadi materi pelatihan dan uji kompetensi mekanik di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS)," kata Muhib, usai penandatangan MoU di SMKN 1 Manggis Karangasem, Bali, Jumat 28 November 2014.

Untuk memaksimalkan implementasi KTSM Honda, perusahaan menentukan standar khusus bagi laboratorium tempat praktik siswa SMK KTSM Honda. AHM juga memberikan donasi unit sepeda motor dan peralatan khusus untuk mendukung praktek dan menambah pengetahuan terkait sepeda motor beserta teknologi terkini Honda.

Implementasi program KTSM Honda ini telah memasuki tahun kelima dan sudah tersebar dari Aceh sampai Papua, dengan jumlah hingga akhir tahun ditargetkan mencapai 300 SMK dan 500 SMK di 2015.

"Kami nanti, tidak hanya fokus pada kuantitas, tetapi juga akan meningkatkan kualitas implementasi KTSM Honda dengan mengoptimalkan pelatihan teknik guru dan siswa, serta meningkatkan status SMK KTSM Honda yang ada menjadi SMK Tempat Uji Kompetensi keterampilan teknik sepeda motor," jelas Muhib.

Sementara itu, menurut Senior Menager Technical Trainning Dept AHM, Handy Hariko, dengan implementasi ini diharapkan lulusan SMK KTSM Honda melahirkan mekanik-mekanik muda yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi untuk memasuki dunia kerja.

"Lulusan SMK KTSM Honda bisa berwirausaha membuka  bengkel, menjadi mekanik di AHASS atau Honda, atau bisa kuliah kembali dengan mengambil jurusan teknik industri, atau yang lainnya," ujar Handy.

Tak hanya itu, bersama jaringan main dealer, AHM juga secara secara rutin mengadakan kontes teknik antar siswa SMK untuk menguji keterampilan mereka.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

Baca juga:

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Shin Tae-yong Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Perpanjangan Kontrak

(asp)

Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024