4 Bayi Harimau Jadi Penghuni Baru Bonbin Semarang

Bayi harimau di kebun binatang Semarang
Sumber :
  • VIVAnews/Dwi Royanto (Semarang)
VIVAnews
Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga
- Pengelola Taman Margasatwa, Semarang, Jawa Tengah telah memberikan nama terhadap empat bayi harimau yang lahir di Kebun Binatang Mangkang, pada 9 November 2014.

Terungkap, Polisi Sebut Chandrika Chika Sudah Setahun Lebih Pakai Ganja: Menganggapnya Hal Lumrah

Empat harimau jenis Benggala hasil perkawinan harimau betina Manis (9 tahun) dan Rangga (11 tahun) diketahui berjenis kelamin jantan dan satu betina.
Media Asing Puji Timnas Indonesia, Penuh Talenta Muda Cemerlang hingga Gol Manjakan Mata


Untuk betina diberi nama Ragilia, sedangkan tiga bayi jantan diberi nama Radite, Wage, dan Sapto.


"Kami kasih nama beberapa waktu lalu. Dengan mengadakan tumpengan seadanya di sini (bonbin Mangkang), " kata Hendrik Tri Setiyawan, Dokter Spesialis Binatang Bonbin Mangkang, Rabu 26 November 2014.


Keempat bayi harimau itu selama lima bulan masih dicampurkan bersama sang induk, lantaran masih membutuhkan asupan susu.


"Beratnya saat ini telah mencapai 4 kilogram. Setiap dua hari sekali kami timbang. Bahkan, untuk 3 bulan sekali harus diberi obat cacing dan vitamin, " kata dia.


Dengan bertambahnya empat bayi harimau di penangkarannya, maka koleksi kebun binatang yang akrab dengan sebutan Bonbin Mangkang itu punya sembilan koleksi hewan buas, yaitu enam harimau Benggala, dua singa, dan seekor harimau Sumatera.


Untuk proses pembiakan harimau Benggala, kata dia, tidak cukup mudah. Butuh waktu 1 hingga 2 tahun sekali memasuki musim kawin. Biasanya terjadi di akhir Juli-September.


"Induk harimau itu bahkan sudah empat kali melahirkan, namun dua kali gagal karena terlambat dipisah dengan induknya," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya