Plazakamera, dari Wordpress ke e-Commerce Fotografi

PlazaKamera.com
Sumber :
  • plazakamera

VIVAnews - Membuat startup menjadi sebuah perusahaan besar memang tidak mudah. Butuh waktu berbulan-bulan dan dana yang cukup besar. Bahkan kebanyakan startup datang dari Jakarta dan Bandung. Surabaya kini menunjukkan tajinya dengan sebuah startup e-commerce baru.

Plaza Kamera, yang didirikan oleh pria asal Surabaya, Rico Satria Chandra, sedang mengalami kepercayaan diri penuh untuk menjadi salah satu pemain e-commerce di Indonesia. Dari modal US$700, kini PlazaKamera.com telah melayani hingga 2.500 transaksi per bulannya.

"Sejak didirikan pada 2011, kami telah mencapai pertumbuhan sebesar 1.100 persen. Saat ini kami sudah meluncurkan sebuah fitur e-commerce yang menjual beragam kebutuhan fotografi, videografi dan sinematografi dengan lengkap lewat plazakamera.co.id. Saat ini masih beta," ujar Rico dalam keterangannya, Senin 24 November 2014.

Awalnya, kata Rico, Plazakamera hanyalah sebuah toko online kelengkapan video dan foto, yang melakukan viral marketing melibatkan forum-forum di dunia maya. Rico sendiri adalah founder tunggal dengan platform awal hanya berupa blog wordpress.

"Kami percaya, asal servisnya handal dan terpercaya, pelanggan pasti akan setia. Semua pertumbuhan di situs ini adalah hasil kerja keras dan mengandalkan pengembangan bisnis berkelanjutan," tambah Rico yang merupakan mantan financial planner.

Menurut data yang dipaparkan Rico, mengutip laporan Kementerian Perdagangan, saat ini ada sedikitnya 2.500 perusahaan yang bergerak di bidang fotografi, videografi dan sinematografi. Penciptaan lapangan pekerjaannya pun mencapai 63.755 dengan penyerapan sumber daya sebesar 0,54 persen. Plazakamera, lanjut Rico, merupakan satu-satunya perusahaan yang berani terjun ke platform e-commerce dengan segmen niche seperti ini.

"Kami yakin jika riset dan produk kami baik, pelayanan ke pelanggan bagus, tidak sulit untuk ekspansi ke pasar di seluruh nusantara," katanya.

Dalam menjalankan situsnya, Rico dibantu oleh seorang developer muda, Bagus Prakoso sebagai Head of IT, serta Rosari Soendjoto sebagai CMO. Keduanya juga asli arek Surabaya.

PlazaKamera mengklaim telah memiliki sekitar 800.000 item beragam yang siap dijual ke pasar online.

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju


BACA JUGA:

Yuddy: Sikap Prabowo Tunjukkan Kepekaan atas Kondisi Geopolitik

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun
VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kepada tongkat komandan itu diserahkan?

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024