Uang Penggelapan Dana Pensiun BI Jadi Modal Investasi di Luar Negeri

Ilustrasi Penggelapan Uang
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus dari Mabes Polri hari ini masih memeriksa enam orang, yang diduga sebagai pelaku kasus penggelapan dan tindak pidana pencucian uang dana pensiun pegawai Bank Indonesia. Mereka berinisial yakni RK, FJR, RNLD, TK IQ, TLBN, dan MSHR.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terhadap TK, setelah berhasil menggelapkan dana pensiun tersebut, para pelaku langsung menginvestasikan uang hasil kejahatan mereka itu ke sejumlah bank luar negeri.

"Sedikitnya ada 4 bank di 4 negara. Investasi ini dilakukan di luar negeri, supaya penggelapan ini tidak terlacak oleh pihak yang berwenang," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Brigadir Jenderal Polisi Kamil Razah, di Mabes Polri, Senin 24 November 2014.

Menurut Kamil, para tersangka melakukan investasi di negara Hongkong, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia dengan total sebesar USD 1,1 juta. "Di Hongkong, tersangka menaruh uang sebesar USD 200 ribu, di Korea Selatan sebesar USD 500 ribu, Singapura sebesar USD 200 ribu dan di Malaysia senilai USD 200 ribu," ujar Kamil

Akan tetapi, lanjit Kamil, dalam pemeriksaan sementara, TK tidak bisa menunjukan satupun dokomen yang sah perihal investasi uang gelap tersebut. "Dokumennya masih kita selidiki, karena keterangan dari tersangka TK masih belum meyakinkan," katanya.

Pasalnya, dari pemeriksaan lanjut diketahui ide insvetasi ke luar negeri tersebut digagas oleh TLBN. "Tersangka TLBN ini yang membantu TK untuk melakukan investasi, dia yang cari cara agar dana tersebut bisa disimpan dengan aman," ujar Kamil.

Kamil melanjutkan, untuk mencegah uang tersebut kembali digelapkan oleh pihak lain. Penyidik saat ini sedang melakukan pemblokiran rekening para tersangka. Selain itu, penyidik juga akan terus memeriksa tempat usaha para tersangka.

Baca:

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

(ren)

Chicco Jerikho

Cerita Chicco Jerikho yang Berjuang Hidup dan Mati Sampai Titip Pesan Untuk Anak dan Istrinya

Diungkap Chicco Jerikho, pihak dokter juga mengungkap bahwa orang yang didiagnosis dengan sepsis memiliki survival rate rendah

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024