Ini Perubahan Jadwal TransJakarta Selama Jakarta Marathon

Halte Transjakarta Idaman Jokowi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - Jakarta Marathon yang digelar Minggu pagi, 26 Oktober 2014, akan berdampak pada operasional TransJakarta. Beberapa koridor mengalami perubahan waktu layanan, khususnya koridor yang rutenya dilintasi oleh peserta lari.
RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Kepala Unit Layanan TransJakarta Pargaulan Butar Butar mengatakan, koridor yang akan mengalami perubahan waktu layanan yaitu koridor I (Blok M-Kota), koridor II (Pulo Gadung-Harmoni), koridor III (Kalideres-Harmoni), koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas), koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni), koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dan koridor XII (Tanjung Priok-Pluit).
PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Tujuh koridor tersebut mengalami perubahan layanan sejak pukul 05.00-13.00 WIB. Kemudian akan kembali normal pada pukul 13.00-23.00 WIB.
Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

"Karena memang sebagian jalan digunakan untuk rute Jakarta Marathon, jadi untuk operasional beberapa koridor dimulai pukul 13.00," kata Pargaulan.

Dia menyebutkan, koridor I tidak akan beroperasi selama Jakarta Marathon berlangsung atau baru beroperasi setelah pukul 13.00 WIB. Kemudian untuk koridor II dilakukan perpendekan rute yakni hanya melayani rute Pulo Gadung 1–Gambir 1. Halte yang ditutup arah Harmoni yakni Halte Juanda, Halte Pecenongan, dan Halte Harmoni. Kemudian untuk ke arah Pulo Gadung 1 yakni Halte Monas, Halte Balaikota dan Halte Gambir 2.

Untuk koridor III melayani hanya Kalideres–Grogol 2, halte yang ditutup arah Harmoni yakni Halte Sumber Waras, Halte Harmoni, Halte Juanda, Halte Pecenongan, Halte Pasar Baru, dan Halte Grogol 1. Sementara arah Kalideres yang ditutup yakni Halte Harmoni, Halte Sumber Waras, dan Halte Grogol 1.

Perpendekan rute di koridor VI hanya melayani rute Ragunan–Mampang. Halte yang ditutup arah Dukuh Atas 2 yakni Halte Kuningan Timur, Halte Patra Kuningan, Halte Depkes, Halte GOR Sumantri, Halte Dukuh Atas 2. Kemudian arah Mampang halte yang ditutup yakni Halte Karet Kuningan, Halte Kuningan Madya, Halte Setia Budi Utara Aini, dan Halte Latuharhari.

Pada koridor VIII hanya melayani rute Lebak Bulus–Grogol 2. Halte yang ditutup dari kedua arah yakni Halte Tomang Mandala, Halte RS Tarakan, Halte Petojo, Halte Harmoni, dan Halte Grogol 1. Kemudian untuk rute langsung juga dilakukan perpendekan layanan yakni PGC–Harmoni hanya melayani PGC– Atrium Senen. Rute Langsung Pulo Gadung–Kalideres, layanan menjadi reguler. 

Selain itu dua koridor bus Transjakarta rutenya dialihkan, yakni koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dari arah Pluit masuk Gerbang Tol Cawang keluar DPR/MPR. Untuk arah Pinang Ranti masuk Gerbang Tol Semanggi 2 keluar Cawang. Halte yang ditutup dari arah Pluit yakni Halte Cawang Cikoko, Halte Tebet BPKM, Halte Pancoran Tugu, Halte Pancoran Barat, Halte Tegal Parang, Halte Kuningan Timur, Halte Gatot Subroto Jamsostek, Halte Gatot Subroto LIPI, Halte Semanggi, Halte dan Senayan JCC. 

Sementara untuk ke arah Kalideres, halte yang ditutup yakni Halte Gatot Subroto Jamsostek, Halte Kuningan Timur, Halte Tegal Parang, Halte Pancoran Barat, Halte Pancoran Tugu, Halte Tebet BPKM, dan Halte Cawang Cikoko.

Koridor XII pengaturan rute yang dilakukan yakni dari arah Tanjung Priok setelah Halte Pakin belok ke kiri melalui Jl Pakin – Jl Krapu – Jl. Lodan Raya – Jl RE Martadinata (TL Ancol belok kanan) Jl Gunung Sahari – dan seterusnya hingga Halte Tanjung Priok. Untuk arah ke Pluit setelah Halte Pademangan belok kiri – Jl RE Martadinata – Jl. Lodan Raya – belok kiri - Jl Gedong Panjang – belok kanan - Jl Bandengan Selatan – dan seterusnya hingga Halte Pluit. Halte yang ditutup kedua arah yakni Halte Gedong Panjang, Halte Museum Fatahillah, Halte Kota, Halte Pangeran Jayakarta, dan Halte ITC Mangga Dua. 

Sementara untuk koridor IV (Pulo Gadung-Dukuh Atas), koridor V (Ancol-Kampung Melayu), koridor VII (Kampung Rambutan-Kampung Melayu), koridor X (Tanjung Priok-Cililitan) dan koridor XI (Pulo Gebang-Kampung Melayu) tetap beroperasi normal yakni dari pukul 05.00-23.00 WIB.

"Para penumpang yang akan menggunakan Transjakarta diharapkan dapat menyesuaikan perjalanannya pada jam-jam tersebut. Pelayanan Transjakarta keesokan harinya, kembali normal seperti biasa," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya