Perpres Belum Terbit, Pengisian Air Waduk Jatigede Tertunda

pembangunan Waduk Jatibarang, di Semarang
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mewariskan satu masalah ke Presiden Joko Widodo. Masalah tersebut tadinya akan diselesaikan oleh SBY melalui Peraturan Presiden di akhir masa jabatannya, namun urung dilakukan.

Prediksi Premier League: Brentford vs Manchester United

Perpres tersebut adalah dasar hukum untuk mengeluarkan dana pembayaran bagi penduduk yang lahannya akan digunakan untuk proyek Waduk Jatigede di Jawa Barat. Tanpa perpres tersebut, anggaran yang sudah disiapkan tidak akan bisa dicairkan.

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum, Hari Suprayogi, Jumat 24 Oktober 2014, mengungkapkan masalah pembangunan waduk kedua tersesar di Indonesia ini hanya tinggal menunggu Perpres diterbitkan.

"Sampai sekarang belum turun dananya karena menunggu perpres yang bisa menjadi dasar hukum," ujar Hari di Jakarta.

Dana yang sudah disiapkan di Daftar Isian Pelaksanaan Anggara tahun 2015, kata Hari, adalah sebesar Rp330 miliar.

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

Ia melanjutkan, SBY memang pernah mengatakan akan menandatangani Perpres ini. Namun, hingga ia selesai menjabat presiden, perpres tersebut tidak juga keluar.

Sebelumnya, waduk yang dirancang mampu menampung satu miliar kubik air ini ditargetkan bisa masuk tahap pengisian air pada November 2014. Namun, jika kondisinya seperti ini, waduk raksasa ini tidak akan rampung pada tahun ini.

Untuk itu, Hari berharap Perpres untuk waduk ini bisa dikeluarkan segera. Tentunya oleh presiden Joko Widodo, mengingat waduk ini posisinya sangat penting bagi masyarakat, baik sarana irigasi maupun sumber air bersih. (ren)

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Putra Mahkota Abu Dhabi Telepon Gibran Ucapkan Selamat Jadi Pemenang Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka menerima ucapan selamat usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024