Lepas Jabatan, SBY Pilih Mobil Apa untuk Kegiatan Sehari-hari?

Land Cruiser 200.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVAnews - Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (20/10/2014) kemarin, sudah resmi melepas jabatan sebagai orang nomor satu di republik ini. Semua atribut termasuk kendaraan operasional pun langsung diserahterimakan.

Artinya kini SBY tidak lagi menggunakan S600 Pullman keluaran Mercedes-Benz. Lalu mobil apa yang digunakan SBY untuk keperluan sehari-harinya?

Saat meninggalkan Istana Negara menuju kediamannya di Cikeas, Bogor, SBY dan Ani Yudhoyono tampak menumpangi kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota, dengan pelat nomor B 2899 WF.

Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Menurut data yang diperoleh dari situs Dinas Pelayanan Pajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pelat nomor tersebut terdaftar sebagai Land Cruiser LC200 lansiran 2013.

Dilansir dari situs resmi Toyota, seri LC200 sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2007 dan memiliki desain yang jauh lebih moderen ketimbang pendahulunya. Desain awal dibuat dari platform Lexus LX 570, dan digabungkan dengan rangka milik Toyota Tundra, dipotong dan diperkuat sebanyak 20 persen.

Mobil yang jadi pilihan untuk operasional North Atlantic Treaty Organization (NATO) ini mampu melibas semua jenis jalan, mulai dari pasir, lumpur, hingga bebatuan. Komputer mesin yang ditanam, terhubung dengan penggerak roda depan dan belakang agar traksi tetap maksimal.

Pengemudi juga dimanjakan dengan layar sentuh di dasbor jika hendak melewati tipe jalan yang hendak dilewati.

LC 200 bertipe diesel dengan kapasitas 4.500cc dibekali dengan perangkat penambah tenaga turbocharger. Tipe turbocharger yang digunakan juga sudah mengadopsi teknologi terkini, yaitu dengan penambahan fitur variable nozzle (VNT) agar tenaga dapat tersalur sempurna di semua kondisi jalan.

LC 200 yang digunakan SBY adalah tipe standar, dan bukan full spec. Artinya, beberapa fitur kenyamanan seperti panoramic roof, dan electric seat, tidak tersedia di tipe ini. Begitu pula beberapa sistem keamanan seperti hill-climb assist control, downhill assist control, dan kinetic dynamic suspension system, tidak tersedia di tipe standar spec.

Russia Delivers Over 29 Tons of Humanitarian Aid for Gaza

Laporan: Krisna Wicaksono

Baca juga:

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh
Yusril Ihza Mahendra dalam sidang lanjutan perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Menurut Yusril, rakyat sebagai pemilih di Pilpres 2024 menentukan sendiri pasangan 02 Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024