Australia Ikut Lawan ISIS, AS Ucapkan Terima Kasih

Memteri Luar Negeri AS, John Kerry dan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott
Sumber :
  • REUTERS/Brian Snyder
VIVAnews - Di sela upacara pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI, Menteri Luar Negeri John Kerry memanfaatkan waktunya untuk bertemu dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Kedua pemimpin itu bertemu untuk membahas beberapa isu, di antaranya mengenai perlawanan terhadap kelompok militan Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS). 
KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Dilansir dari kantor berita Australia, AAP edisi Senin 20 Oktober 2014, Kerry menyampaikan rasa terima kasih Presiden Barack Obama kepada Negeri Kanguru karena akhirnya bersedia untuk bergabung melakukan serangan udara. Dengan adanya keputusan itu, ujar Kerry, AS kian yakin bahwa tidak ada mitra terkuat, selain Australia. 
Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

"Saya membawa salam dan rasa terima kasih yang besar dari Presiden Obama dan seluruh warga Amerika atas langkah besar Pemerintah Australia untuk dalam upaya menghormati upaya koalisi," ujar Kerry sebelum memulai pertemuan empat mata dengan Abbott. 
Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Dia juga merasa bersyukur atas konsistensi Australia untuk bertindak dan memegang nilai-nilai yang menarik bagi kepentingan kedua negara. 

"Saya ingin mengatakan bahwa upaya kalian terkait para pejuang ekstrimis asing, yang sayang sekali harus kalian alami di tingkat lokal, menyadarkan semua orang betapa pentingnya upaya global ini dan pemahaman bagi kita semua," imbuh Kerry. 

Sementara, dalam pernyataannya, Abbott menyampaikan harapannya supaya kegiatan menghadiri pelantikan pemimpin baru Indonesia menjadi suatu kebiasaan. 

"Saya berharap tradisi itu menghadiri pelantikan Presiden Indonesia dipertahankan oleh setiap Perdana Menteri Australia," ujar pemimpin Partai Liberal itu. 

Kebiasaan itu sebenarnya sudah dimulai sejak era kepemimpinan mantan PM John Howard. Di tahun 2004, Howard ikut hadir dalam pelantikan mantan Presiden SBY. Sementara, di tahun 2009 lalu, mantan PM Kevin Rudd hadir di pelantikan kali kedua SBY sebagai orang nomor satu RI.

Usai melakukan pertemuan bilateral, keduanya bertolak ke Istana Negara untuk bertemu Jokowi. Menurut keterangan dari Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Ahmad Rusdi yang dihubungi VIVAnews hari ini, Abbott akan diterima lebih dulu sekitar pukul 19.45 WIB. Sementara, Kerry akan diterima sesudah Abbott. (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya