Cuaca DKI Jakarta Sangat Panas, Ini Sebabnya

Penyusutan Lahan Resapan Air
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - Beberapa hari terakhir warga DKI Jakarta merasakan cuaca suhu yang sangat panas. Teriknya sinar matahari dirasakan warga. 
Ikonik karena Jadi Kanvas Kosong bagi Para Kreator

Mengenai cuaca panas ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiska (BMKG) mengakui cuaca panas di Jakarta beberapa hari terakhir sudah masuk cuaca panas ekstrem. Pengukuran BMKG, Sabtu kemarin, cuaca panas di Jakarta mencapai 37 derajat. Cuaca sangat panas itu disebabkan salah satunya karena ibukota negara ini memasuki musim puncak kemarau. 
Optimisme Victoria Lee Naik Podium di Equestrian All Star Tour 2024

"Sekarang belum masuk musim penghujan, ini juga puncak kemarau, jadi uap tidak ada. Karena tak ada uap air tidak ada, maka tak ada awan dan sinar matahari langsung ke permukaan bumi. Jadi Jakarta terasa panas sekali," ujar Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Achmad Zakir kepada VIVANews, Minggu, 12 Oktober 2014.. 
Momen Temu Alumni Wujudkan USAHID Unggul

Cuaca panas ekstrem itu menurutnya juga dipengaruhi oleh sedikitnya pepohonan yang ada di wilayah DKI. Sehingga panas dari sinar matahari berkolaborasi dengan panas dari permukaan bumi. 

Masuk musim hujan

Namun demikian, Zakir membantah bila suhu panas di Jakarta sudah menembus 40 derajat celsius seperti yang diperbincangkan warga sebelumnya. 

"Nggak sampai 40 derajat. Kemarin memang panasnya ekstrem karena normalnya suhu panas itu 31-33 derajat," kata dia. 

Menurut Zakir, rekor cuaca panas mencapai 37 derajat sudah pernah terjadi sebelumnya. Menurutnya, hal ini berpotensi terjadi saat puncak musim kemarau. 

"Pada 2010 dan 2007 pernah suhu panas mencapai 37 derajat," ujarnya. 

Ditambahkan Zakir, untuk beberapa wilayah DKI Jakarta akan memasuki musim hujan secara berbeda. 

"Jakarta wilayah Selatan akan masuk musim hujan pada minggu kedua atau ketiga bulan ini. Belum merata, Jakarta bagian Utara akan masuk musim hujan masih lama, kemungkinan November," ucapnya. (ms)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya