Ingin Segera Hamil

Tanya:
Saya (28) baru 6 bulan menikah dan sangat ingin punya momongan. Adakah obat-obatan tertentu yang dapat menambah tingkat kesuburan? Ke mana harus memeriksakan diri?

fxx@gmail.com

Jawab:
Menurut data penelitian, 80-90% kehamilan akan terjadi secara spontan pada tahun pertama pernikahan. Mengingat pernikahan Anda belum mencapai setahun dan usia Anda pun masih tergolong muda, maka saya tidak menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri. Tunggulah hingga usia pernikahan Anda mencapai satu tahun. Setelah itu, barulah Anda dan suami memeriksakan diri.

Pemeriksaan infertilitas dapat dilakukan lebih dini pada kasus-kasus khusus, misalnya bila usia istri sudah di atas 35 tahun, atau adanya penyakit tertentu yang mempengaruhi kesuburan, seperti diabetes melitus atau gangguan hormonal lainnya. Dari hasil pemeriksaan pasangan suami-istri, barulah dapat diketahui masalah yang menyebabkan terhambatnya kehamilan.

Nah, berdasarkan hasil itulah seorang dokter dapat memberikan pertolongan. Tapi, pemeriksaan untuk mencari adanya kelainan yang berkaitan dengan kemungkinan terhambatnya kehamilan, tidak efisien bila dilakukan pada seseorang yang belum jelas kebutuhannya.

Untuk saat ini, saya sarankan agar Anda tidak terlalu terburu-buru ingin hamil. Perasaan yang menyebabkan ketegangan itu, akan berpengaruh pada stabilitas hormon di dalam tubuh Anda, yang pada akhirnya kurang mendukung terjadinya pelepasan sel telur pada kondisi yang optimal.

Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara
Viral Aksi Pengemudi Toyota Fortuner

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Aksi Pierre WG Abraham, pengemudi mobil Toyota Fortuner yang pakai pelat dinas palsu ditegaskan mencoreng institusi TNI.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024