Kemarau Panjang, Tanam Saja Bawang Merah

bawang merah
Sumber :
VIVAnews
Perbaiki Dop Lampu, Anggota DPRD Kubu Raya Meninggal Dunia
- Kemarau panjang sejak beberapa bulan terakhir justru dimanfaatkan para petani di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Mereka menanam bawang merah di lahan kering seluas lebih 26 hektare di Desa Shabah, Kecamatan Bungur.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Penanaman kali ini sesungguhnya adalah kali ketiga. Para petani sudah dua kali memanen bawang merah dengan kualitas dan hasil produksi yang cukup memuaskan di lahan seluas 5 hektare.
Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019


Menurut Sukarlis, Ketua Kelompok Tani, struktur tanah di desa itu cocok untuk menanam bawang merah. Itu juga yang menjadi alasan Pemerintah Kabupaten untuk mengembangkan areal penanaman bawang merah hingga puluhan hektare.

 

Dengan potensi itu, diyakini di masa mendatang ketergantungan Kalimantan Selatan terhadap bawang merah dari Jawa bisa dikurangi. Setiap tahun, Kalimantan Selatan kekurangan paling sedikit 14 ribu ton bawang merah. Itu harus dipasok dari pulau Jawa.


Bibit bawang merah untuk penanaman perdana klaster itu sebagian dari hasil panen sebelumnya. Dari lima hektare lahan yang ditanam, menghasilkan 12 ton bawang merah siap panen.


Yedi Yulistiadi/Banjarmasin
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya