Tim Jokowi-JK: Kinerja KPU Buruk

KPU memberikan keterangan soal dana kampanye parpol
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVAnews -
Heboh Israel Grebek Kantor Al Jazeera di Nazareth, Sejumlah Peralatan Disita
Joko Widodo dan Jusuf Kalla sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Namun, hal itu tidak membuat tim Jokowi-JK berhenti mengkritisi KPU.

Khofifah Ingin Duet Lagi dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

Tim PJokowi-JK, Poempida Hidayatulloh, Senin 11 Agustus 2014 menilai kinerja KPU buruk, bahkan sejak Pileg 2014. Menurutnya, terlalu banyak masalah di lapangan yang tidak terorganisir dengan baik.
Khofifah Tak Setuju Wacana Kemensos dan KemenPPPA Digabung


"Sehingga memang membuka peluang kecurangan dan manipulasi suara," kata Poempida kepada
VIVAnews
.


Tokoh yang juga menjadi juru bicara JK ini memastikan kondisi serupa terjadi pada Pilpres. Namun, dia mengingatkan tidak hanya kubu Prabowo-Hatta yang dirugikan, pihak Jokowi JK juga banyak dirugikan.


"Oleh karena itu, kinerja KPU ini memang harus menjadi sorotan ke depan," ujarnya.


Poempida mengungkapkan banyak masalah administrasi pemilu yang dimanipulasi. Padahal, ranah tersebut seharusnya menjadi basis kinerja KPU karena dalam konteks hukum menjadi sebab adanya persengketaan.


"Bahkan di daerah-daerah tertentu PPS tidak mempunyai SK pengangkatan," kata dia.


Anggota Komisi IX DPR ini menegaskan masyarakat ingin membangun suatu proses demokrasi yang baik dengan berbasis transparansi dan keadilan.


"Jadi menyorot kinerja KPU dalam berbagai konteks itu wajib hukumnya untuk menjadi suatu catatan ke depan agar masalah-masalah yang terjadi sekarang, tidak terulang lagi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya