Libur Lebaran, Bandung Diprediksi Macet Parah

Gedung Sate.
Sumber :
  • http://panduanwisata.net
VIVAnews
eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon
– Polrestabes Bandung menyatakan kesiapannya melakukan pengamanan pada perayaan Lebaran tahun ini. Ada lima titik yang jadi fokus perhatian pihak keamanan seperti Lapangan Gasibu yang bakal menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Fitri Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Diki Budiman mengatakan, selain  Lapangan Gasibu, pihaknya juga akan fokus melakukan pengamanan di kawasan Stadion Siliwangi, Masjid Raya Jawa Barat dan Masjid Al-Ukhuwah yang lokasinya berada di dekat kompleks Pemkot Bandung.
Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?


"Di kelima titik tersebut biasanya sejumlah pejabat dan tokoh-tokoh penting di Jabar melaksanakan salat berjamaah. Seperti Gubernur Ahmad Heryawan yang bakal salat Ied di Lapangan Gasibu. Lalu, Wali Kota Ridwan Kamil, dan lainnya," kata Diki, Sabtu 26 Juli 2014.


Selain fokus mengamankan sejumlah titik yang dijadikan lokasi salat Idul Fitri tokoh-tokoh penting di Jabar. Polisi juga bakal fokus mengamankan sejumlah titik wisata di Bandung dan sekitarnya selama libur panjang Lebaran tahun ini.


Situasi dan kondisi Bandung dan sekitarnya selama ini memang berbanding terbalik dengan situasi di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta yang lenggang karena ditinggalkan warganya pulang ke kampung halaman masing-masing.


Berdasarkan pengalaman dalam beberapa tahun terakhir, aktivitas warga di Kota Kembang selama libur Lebaran justru meningkat. Dampaknya kemacetan kerap terjadi, terutama di kawasan wisata seperti kawasan wisata belanja di sepanjang Jalan Riau, Jalan Merdeka, dan kawasan Alun-Alun Bandung.


Lalu kawasan wisata bermain seperti Kebun Binatang Bandung, dan Taman Lalu Lintas. Serta, kawasan wisata di wilayah Bandung Utara seperti Lembang dan Ciwidey di Bandung Selatan. Banyaknya destinasi wisata di Bandung ini, kerap menyedot puluhan ribu bahkan jutaan warga, termasuk dari luar kota untuk menghabiskan masa liburan di Bandung.


Khusus di Bandung, Polrestabes Bandung akan mendirikan pos pengamanan di sejumlah lokasi wisata. "Pos pengamanan ini akan mulai didirikan sejak hari H. Sebab biasanya pada hari pertama Lebaran kawasan wisata di Bandung sering dibanjiri masyarakat. Untuk jumlah personel, akan ditempatkan 20 personel polisi di setiap posnya," ujar Diki.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya