Kementerian Perdagangan Revisi Peraturan Ekspor Timah

Pertambangan Timah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44/M-DAG/PER/7/2014 tentang Ketentuan Ekspor Timah. Kebijakan ini merevisi peraturan sebelumnya, yaitu Permendag Nomor 78/M-DAG/PER/12/2012 jo. Permendag Nomor 32/M-DAG/PER/6/2013 tentang Ketentuan Ekspor Timah.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Ketentuan ini berlaku mulai 1 November 2014 dan harus diperbaharui dan disesuaikan paling lambat pada 1 Maret 2015.

"Permendag ini direvisi untuk menciptakan kepastian hukum dan iklim usaha yang kondusif, mendukung kelancaran ekspor timah, memenuhi kebutuhan bahan baku timah untuk industri dalam negeri, serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing serta pengawasan ekspor timah," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Partogi Pangaribuan, dalam keterangannya, Jumat, 25 Juli 2014.

Partogi mengatakan, timah yang diatur dikelompokkan menjadi empat, yaitu timah murni batangan, timah murni dengan kandungan Stannum (Sn) paling rendah 99,9 persen yang merupakan hasil dari kegiatan pengolahan dan pemurnian bijih timah oleh Smelter (Pos tarif/HS 8001.10.00.00);, timah murni bukan batangan, yaitu timah murni dengan kandungan Stannum (Sn) paling rendah 99,93 persen dalam bentuk selain batangan atau dalam bentuk lainnya yang berbahan baku timah murni batangan (Pos tarif/HS 8001.10.00.00), timah solder, yaitu timah paduan dengan kandungan Stannum (Sn) paling tinggi 99,7 persen, dalam bentuk batangan atau bentuk lainnya yang digunakan untuk menyolder dan mengelas (Pos tarif/HS 8003.00.10.00, ex. 8003.00.90.00, ex. 8311.30.90.10, ex.8311.90.00.00, ex. 3810.10.00.00); dan timah paduan bukan solder, yaitu timah paduan dengan kandungan Stannum (Sn) paling tinggi 96 persen dalam bentuk batangan atau bentuk lainnya yang tidak digunakan untukmenyolder dan mengelas (Pos tarif/HS 8001.20.00.00, 8007.00.20.00, 8007.00.99.90).

Lalu, timah yang diekspor harus memenuhi spesifikasi teknis yang terdiri dari kandungan Stannum (Sn) dan unsur lainnya, bentuk dan ukuran bagi timah murni batangan dan timah solder, dan mencantuman label dan kemasan.

"Timah Murni Batangan sebelum diekspor wajib diperdagangkan melalui Bursa Timah," kata dia.

Partogi melanjutkan, harga timah yang terjadi pada saat timah ditransaksikan di Bursa Timah dapat digunakan sebagai dasar penghitungan iuran produksi/royalti. Timah dapat diekspor jika telah membayar iuran produksi/royalti bagi timah murni batangan, dan membayar iuran produksi/royalti atas bahan baku timah yang digunakan bagi timah murni bukan batangan, timah solder dan timah paduan bukan solder.

Dia melanjutkan, perusahaan timah wajib memperoleh pengakuan sebagai Eksportir Terdaftar Timah (ET-Timah) yang terdiri atas eksportir terdaftar timah murni batangan yang selanjutnya disebut ET-Timah Murni Batangan adalah perusahaan yang telah mendapat pengakuan untuk melakukan Ekspor Timah Murni Batangan; dan Eksportir Terdaftar Timah Industri yang selanjutnya disebut ET-Timah Industri adalah perusahaan yang telah mendapat pengakuan untuk melakukan Ekspor Timah Murni Bukan Batangan, Timah Solder, dan/atau Timah Paduan Bukan Solder.

"Setiap perusahaan hanya dapat memiliki satu jenis pengakuan sebagai ET-Timah Murni Batangan, atau ET-Timah Industri. Untuk mendapatkan pengakuan sebagai ET-Timah Murni Batangan harus mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Provinsi daerah penghasil timah," kata dia.

Partogi mengatakan, untuk mendapatkan pengakuan sebagai ET-Timah Industri, harus mendapatkan rekomendasi Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur, Kementerian Perindustrian untuk perusahaan pemilik IUI yang diterbitkan oleh pemerintah pusat, atau gubernur untuk perusahaan pemilik IUI yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Juga, mendapat pengakuan sebagai ET-Timah Murni Batangan, atau ET-Timah Industri berlaku selama tiga tahun.

Dia melanjutkan, timah yang akan diekspor wajib dilakukan verifikasi atau penelusuran teknis sebelum muat barang dan dituangkan dalam bentuk Laporan Surveyor (LS) oleh surveyor yang ditetapkan oleh Menteri Perdagangan.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

Selanjutnya, surveyor bertanggung jawab terhadap setiap LS yang telah diterbitkan, setiap pelanggaran yang dilakukan oleh surveyor terhadap ketentuan dalam peraturan ini selain dikenai sanksi administratif juga dikenai sanksi lain berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 1 November 2014, dan Pengakuan sebagai ET-Timah yang telah diterbitkan berdasarkan Permendag Nomor78/M-DAG/PER/12/2012 jo. Permendag Nomor 32/M-DAG/PER/6/2013 harus diperbaharui dan disesuaikan paling lambat 1 Maret 2015," tegas Partogi. (ren)

Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024