Masih Ada Ribuan Calon Jemaah Haji yang Belum Lunasi Biaya

Jemaah Haji Memakai Masker di Masjidil Haram
Sumber :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta

VIVAnews - Sekitar 3.038 calon jemaah haji masih belum melunasi Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji (BPIH), meski batas waktu perpanjangan tahap pertama sudah berakhir hari ini, Kamis 17 Juli 2014.

Kementerian Agama mencatat, calon jemaah haji yang melunasi biaya sebanyak 152.162 orang, atau 98,04 persen dari kuota haji reguler sebanyak 155.200 orang.

Sisa kuota yang belum terlunasi sebanyak 3.038, atau 1,96 persen, berdasarkan penjelasan Kementerian Agama akan ditarik menjadi kuota haji nasional.

Pembunuh Sadis Ibu dan Anak di Palembang Ditangkap, Ini Tampangnya

Meski masih ada calon jemaah yang belum menggenapi biaya, jumlah ini relatif berkurang dibandingkan pekan lalu. Akhir pekan lalu, jumlah yang belum melunasi tercatat 11.104, sehingga dibuka perpanjangan pelunasan tahap I mulai 14 hingga 17 Juli.

Sebelumnya, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri dari Kementerian Agama, Ahda Barori, menuturkan jika hingga 17 Juli, kuota belum juga terpenuhi akan dibuka masa pelunasan tahap kedua.

Calon jemaah yang melunasi setelah 17 Juli ini, tetap bisa diberangkatkan, namun tidak masuk gelombang pertama. "Bisa di gelombang terakhir," kata dia.

Jika kuota belum juga terpenuhi, akan dibuka pelunasan tahap III. Tetapi, jika calon belum juga bisa melunasi, dan kuota tidak terpenuhi, sisa kuota akan dikembalikan ke masing-masing provinsi/kabupaten/kota. Kuota akan diisi sesuai nomor urut berikutnya, dengan batas waktu 22 Agustus 2014.

Kemenag menetapkan keberangkatan calon jemaah haji pada 1 September 2014, dan terakhir pada 14 September 2014. Sedangkan untuk pemulangan ke Tanah Air, kloter pertama ditetapkan 9 Oktober, dan kloter terakhir pada 5 November 2014. (asp)

Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI
Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Raih Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn Top Companies 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024