Bakrie Percepat Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Pembangunan jalan tol Semarang - Solo di Banyumanik, Semarang
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews -  Pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung akan dipercepat. Langkah ini akan ditempuh oleh PT Bakrie & Brothers Tbk, melalui salah satu unit usahanya PT Cimanggis Cibitung Tollways, selaku pemegang hak konsesi jalan tol ruas Cimanggis - Cibitung.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Direktur Utama PT Cimanggis Cibitung Tollways, AD Erlangga, Selasa 8 Juli 2014, dalam keterangan tertulisnya, menjelaskan bahwa pembayaran uang ganti rugi pembebasan lahan seksi I akan segera dilakukan. Sebab, perjanjian dana bergulir Badan Layanan Umum (BLU) dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengucurkan ganti rugi telah ditandatangani.

Menurut Erlangga, Cimanggis Cibitung Tollways dapat segera menyelesaikan proses ganti rugi tahap pertama lahan masyarakat dengan dana BLU tersebut.

Proses pembebasan lahan tersebut, memang sempat mengalami keterlambatan, lantaran alotnya proses negosiasi. Berdasarkan data Kementerian PU, estimasi awal kebutuhan dana ganti rugi guna pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung mencapai Rp1,3 triliun untuk lima seksi.

Lima seksi tersebut mulai seksi I dari Cimanggis-Transyogi sepanjang 3,5 kilometer, Seksi II Transyogi-Cikeas, seksi III dari Cikeas-Narogong sepanjang 3,5 kilometer, seksi IV dari Narogong-Setu sepanjang 8,8 kilometer, dan seksi V dari Setu ke Cibitung sepanjang 7,6 kilometer.

Ia menambahkan, pada 18 Juni 2014 lalu, Cimanggis-Cibitung Tollways, mengajukan dana kepada BLU-BPJT Kementerian PU untuk pengadaan lahan seksi I sebesar Rp453 miliar, dari total kebutuhan untuk pembebasan lahan mencapai Rp1,3 triliun.

"Berdasarkan perhitungan, luas seluruh lahan yang harus dibebaskan mencapai 280 hektare, dengan perhitungan panjang tol 25,39 kilometer, dikalikan lebar 60-80 meter di samping kanan dan kiri jalan. Diperkirakan lahan yang yang harus dibebaskan mencapai 280 hektare," ujar Erlangga.

Pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung merupakan bagian dari proyek jaringan tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) yang menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Pelabuhan Tanjung Priok, dimulai dari sisi barat di simpang susun Cimanggis, Jagorawi, dan berakhir di sisi timur, di simpang susun Cibitung.

Jalan tol tersebut, sangat strategis karena menghubungkan jalan tol Jagorawi dengan jalan tol Jakarta-Cijampek dengan total investasi untuk ruas Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,39 kilometer mencapai Rp4,5 triliun. "Termasuk, dana pembebasan lahan Rp1,3 triliun," kata Erlangga. (asp)

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Converty
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menlu Singapura Vivian Balakrishna

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Kedua Menteri tersebut optimis bahwa hubungan ekonomi Indonesia Singapura terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang potensial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024