Rajin Sit up, Tapi Tetap Buncit

Tanya:
Saya (26) memiliki masalah kelebihan lemak di daerah perut, sedangkan kaki dan tangan saya kecil, sehingga bentuk tubuh saya tidak seimbang. Berat badan saya 54kg, sementara tinggi badan 165cm.

Sudah selama 6 bulan ini saya sudah rutin melakukan senam perut (sit up), namun tidak berhasil. Sedangkan untuk meminum jamu susut perut saya belum berani, karena takut ada efek sampingnya. Untuk memperbesar tangan dan kaki saya berlatih dengan menggunakan beban seberat 3 kg. Hal ini juga belum menampakkan hasil. Olahraga apa yang cocok untuk masalah saya ini?

ftxxx@cbn.net.id

Jawab:
Meski Anda melakukan sit up bertahun-tahun, tentu saja perut tidak akan mengecil, karena sit up pada dasarnya memang bukan untuk mengecilkan, melainkan hanya mengencangkan otot-otot perut.

Jika ingin mengecilkan perut, lakukan latihan olahraga aerobik, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, senam aerobik, dan lain-lain. Dengan melakukan latihan-latihan yang bersifat aerobik, lemak di badan akan berkurang.

Otot wanita memang lebih sukar membesar dibanding otot-otot pria. Oleh karenanya, bila Anda bermaksud membesarkan otot-otot lengan dan kaki, diperlukan adanya ketekunan dan latihan yang lebih banyak.

Latihan Anda pun harus teratur dan progresif. Artinya, latihan dimulai dari yang ringan, lalu ditingkatkan secara berkesinambungan. Jika tidak ditingkatkan, besar dan kekuatan otot juga tidak akan meningkat.

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024