Hamzah Haz Senang Konflik PPP Berakhir Islah

Hamzah Haz
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf
VIVAnews - Wakil Presiden RI Periode 2001-2004, Hamzah Haz, menghadiri Mukernas PPP di Cisarua, Bogor, Rabu 22 April 2014. Hamzah menyambut gembira islah yang diserukan Ketua Majelis Syariah KH Maimoen Zubair agar konflik internal PPP diakhiri dengan damai dapat dilaksanakan para fungsionaris partai.
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

"Kan sudah islah, jadi saya kira dinamika dalam partai tidak ada yang tidak dapat diselesaikan dan tidak ada seorangpun tidak ada khilaf. Tetapi bagaimanapun saya merasa bahagia yang tadinya konfliknya begitu tinggi dalam sekejap bisa diredakan karena jiwa islami yang kuat," kata Hamzah.
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Mantan Ketua Umum PPP ini memaklumi ketidakhadiran Suryadharma Ali di forum tersebut. "Saya dapat maklumi itu, bagaimanapun saya dapat mengerti bagaimana perasaan saudara Surya, jadi dia yang ketua umum, seharusnya semua wilayah hadir, ini kan nggak semua hadir karena bukan dia yang mengundang. Saya maklumi itu."
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Menurutnya, kehadiran Suryadharma di lokasi Mukernas meski tak mengikuti forum dianggap telah melegitimasi keberadan forum ini. "Dia sudah mau datang ke sini itu sudah bagus."

Namun demikian, apakah forum akan bergulir sampai diperlukannya Muktamar yang dipercepat, dia menyerahkan sepenuhnya pada dinamika forum.

"Kalau itu tinggal bagaimana wilayah-wilayah dan cabang-cabang saja. Tapi kan masa jabatan Surya tinggal beberapa bulan lagi," ujarnya.

Ini tetap sah? "Saya kira sudah sah, Suryadharma sudah datang ke sini kan. Cuma tadi mungkin dia secara etika karena wilayah-wilayah lain tidak hadir kalau dia buka bisa dibuka wilayah yang lain, kan," kata Hamzah. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya