Karena Konflik Crimea, NASA Bercerai dengan Rusia

Sumber :
  • softpedia.com
VIVAnews -
Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK
Soal Crimea yang dicaplok Rusia ternyata tidak hanya menyangkut soal politis saja. Isu ini juga berpengaruh ke kerja sama ilmu pengetahuan antara pemerintah Kremlin dan Amerika Serikat.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

AS dilaporkan memutuskan hubungan kerja sama antariksa NASA dengan Rusia, salah satunya soal eksplorasi luar angkasa. Hal ini terungkap dalam sebuah bocoran memo internal yang dikutip
Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil
The Verge , Rabu 2 April 2014.


Dalam memo dikatakan, karena pelanggaran kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, pemerintah AS menangguhkan seluruh kontak NASA dengan Rusia. Keputusan ini berlaku untuk seluruh anggota NASA dan diperintahkan oleh Michael O'Brien, direktur NASA untuk Hubungan Antar-agen dan Internasional.


"Penangguhan termasuk perjalanan NASA ke Rusia dan kunjungan perwakilan pemerintah Rusia ke fasilitas NASA, pertemuan bilateral, email dan teleconference atau videoconferences. Saat ini, hanya operasi Stasiun Luar Angkasa Internasional yang masih berlanjut," tulis memo tersebut.


Hubungan AS dan Rusia di Operasi Stasiun Luar Angkasa (ISS) masih berlanjut. Sejak ulang-alik AS pensiun, Astronot NASA menumpang pesawat Rusia menuju ISS. Untuk tumpangan ini, AS harus rogoh kocek US$70,78 juta per kursinya.


NASA mengatakan bahwa saat ini mereka tengah mencari perusahaan perusahaan roket swasta untuk membawa astronot pada tahun 2017.


Memo itu kabarnya juga telah diberikan pada lembaga-lembaga lain di AS.


Scott Pace, direktur kebijakan antariksa di George Washington University menyayangkan hubungan kerja sama ini ditangguhkan. "Kita dan Rusia punya hubungan yang sangat dalam. Kedua negara saling bergantung. Perceraian bukanlah pilihan," kata dia. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya