Daftar Selebriti Jadi Caleg PAN

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Total ada 20 selebriti yang menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Amanat Nasional. Jelas, PAN yang terbanyak mengusung seleb untuk dibawa ke Senayan.

Macam-macam latar belakang mereka. Sebagian besar berprofesi di dunia hiburan, seperti Melly Zamri, Eko Patrio, Marissa Haque, Desy Ratnasari dan Primus Yustisio. Namun ada juga bekas atlet tenis andalan Indonesia, Yayuk Basuki.

Berikut daftar lengkap mereka:

1. Mina Meylinda
 
Mina Meylinda adalah seorang artis dan presenter televisi terkenal. Wanita yang biasa dikenal dengan nama Melly Zamri ini mencuat setelah membawakan acara Putri Malam dengan tariannya seksinya. Artis keturunan Padang yang lahir di Jakarta 2 Mei 1976 ini mengawali karirnya sebagai presenter berbagai acara televisi. Dia juga sempat menjajal dunia sinetron dan bintang iklan.

Melly pernah menjadi Duta Bangsa dalam Misi Kebudayaan Indonesia dan aktif di organisasi Granat pimpinan Henry Yoso. Sebagai calon anggota legislatif, Mina Meylinda akan bertarung di daerah pemilihan Sumatera Barat II melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

2. Devy Permata Sari
     
Pada awalnya Devy Permata Sari adalah seorang model, tetapi kemudian Devy menjajal dunia seni peran. Nama Devy melejit ketika bermain dalam sinetron Tirai Sutra, selain sinetron Devy juga bermain di layar lebar. Sampai saat ini Devy Permata Sari masih membintangi beberapa sinetron di televisi. Lulusan Fisip Universitas Indonesia ini menjadi calon legislatif dari Partai Amanat Nasional di daerah pemilihan Sumatera Selatan I.

3. Marissa Haque Fawzi
     
Bengkulu adalah daerah pemilihan dari wanita yang lahir di Balikpapan ini. Marissa mengawali karirnya di dunia hiburan saat ia aktif mengisi waktu luangnya dengan menyanyi dan menari dalam sanggar Swara Mahardika pimpinan Guruh Soekarno Putra. Marissa memenangkan Piala Citra sebagai Aktris Pembantu Terbaik di film "Tinggal Landas Buat Kekasih" di tahun 1984 yang disutradarai oleh Sophan Sophian.

Karir politiknya dimulai pada tahun 2004 ketika menjadi anggota DPR dari PDI Perjuangan, namun karena pencalonan dirinya pada pemilihan kepala daerah di Banten tahun 2006, Marissa dikeluarkan dari DPR. Merasa tidak nyaman di PDIP, akhirnya Marissa pindah ke PPP pada tahun 2007, tetapi tahun 2012 Marissa kembali pindah partai, kali ini ia pindah ke Partai Amanat Nasional (PAN) bersama suaminya Ikang Fawzi. Marissa juga pernah menjadi Duta Lingkungan Hidup Indonesia, Duta BMT Indonesia dan Duta KB Indonesia.

4. Dwiki Dharmawan S
     
Karier profesional Dwiki Dharmawan bermula pada tahun 1985 saat bergabung dengan grup musik Krakatau. Dwiki meraih penghargaan The Best Keyboard Player pada Yamaha Light Music Contest 1985 di Tokyo, Jepang. Dwiki juga meraih Grand Prize Winner pada Asia Song Festival 2000 di Filipina. Suami dari Dyah Permatasari ini bersama Krakatau, hingga 2006 telah merilis 8 album.

Dwiki juga aktif pada organisasi seni dengan menjadi anggota komite musik Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) serta menjadi Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Artis, Penata Musik dan Pencipta Lagu Indonesia (PAPPRI). Musisi ini akan mencoba peruntungannya di dunia politik melalui Partai Amanat Nasional sebagai caleg dengan nomor urut 3 did aerah pemilihan DKI Jakarta II.

5. Raslinna Rasidin

     
Raslinna Rasidin lahir di Aceh 20 Oktober 1973, sebelum masuk ke dunia politik Raslinna Rasidin adalah seorang artis dari tahun 1995 bahkan sampai sekarang. Namanya juga tercatat sebagai sekretaris jenderal di Persatuan Artist Indonesia Model.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pesinetron yang namanya melambung melalui sinetron "Anakku Bukan Anakku" ini sempat mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati dalam Pemilukada Kabupaten Cianjur 2011. Saat itu, dirinya yang merupakan kader sekaligus Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional mencalonkan diri untuk mendampingi bakal calon bupati Ade Barkah yang diusung oleh Partai Golkar. Kegagalannya dalam mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati tidak menghalangi langkahnya untuk maju sebagai calon legislatif untuk daerah DKI Jakarta III.

6. Ida Royani
     
Wanita yang bernama lengkap Ida Daniar Royani lahir di Jakarta tanggal 24 Maret 1953. Mengawali karirnya dengan menjadi penyanyi country dengan lagu-lagu seperti "Sepatu Baru" dan Gunung Agung", nama Ida Royani semakin melejit ketika berduet dengan Alm. Benyamin Sueb, sekitar 150 lagu orisinil sudah dinyanyikan oleh pasangan ini.

Tidak hanya di dunia musik, Ida Royani di film layar lebar juga berpasangan dengan Alm. Benyamin Sueb. Ida Royani juga pernah berduet dengan Rhoma Iramadi lagu ciptaan Rhoma Irama sendiri. Selain sebagai penyanyi dan pemain film, Ida Royani juga menjadi seorang desainer. Melalui Partai Amanat Nasional Ida Royani maju sebagai caleg dari daerah pemilihan DKI Jakarta III.

7. Jeremy Thomas
     
DKI Jakarta III menjadi daerah pertarungan untuk Jeremy Thomas di Pemilu 2014 9 April mendatang. Aktor yang juga berprofesi sebagai model ini maju sebagai caleg melalui Partai Amanat Nasional. Sebelum berkecimpung di dunia politik, Jeremy Thomas bermain dalam beberapa judul sinetron, seperti "Dewi Fortuna", "Tersanjung", dan "Takdir". Pria yang mengambil program magister di Institut Teknologi Bandung ini menjadi pengurus The Modernisator Indonesia dari tahun 2009 sampai sekarang. Jeremy Thomas menjadi owner di beberapa perusahaan, yaitu VMT Creative Network dan JTR Network.

8. AZ. Ikang Fawzi
     
Pria yang berdarah Sunda dan Bugis ini lebih dahulu dikenal sebagai penyanyi rock ketimbang sebagai politisi. Tidak hanya di dunia musik, Ikang juga bergelut di dunia seni peran, awal perkenalan Ikang dengan dunia seni peran adalah saat mengisi malam puncak FFI 1981. Kemudian ia diajak main film "Pengantin Remaja II" di tahun 1982.

Ikang juga pernah bermain bersama Rhoma Irama. Dalam film tersebut Ikang juga berpartisipasi mengisi soundtrack film tersebut dengan lagunya yang melegenda, "Preman". Ikang melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Ikang menjadi caleg di daerah pemilihan Jawa Barat II dan mendapatkan nomor urut 3.

9. Henidar Amru
     
Mantan peragawati di tahun 1980-an ini maju sebagai caleg dari Partai Amanat Nasional di daerah Jawa Barat III dengan nomor urut 7. Henidar Amru selain sebagai pragawati juga dikenal sebagai artis nasional Indonesia. Ia mengawali debutnya di dunia film dengan bermain film "Pengantin Remaja II". Henidar juga bermain di film Petualangan Sherina, Eliana Eliana, Gie, dan lainnya. Di dunia seni peran ini Henidar mandapatkan penghargaan sebagai Artis Pembantu Terbaik FFI tahun 2010 dan Artis Peran Pembantu Terbaik IMA (RCTI Award) tahun 2008. Sekarang Henidar Amru juga berprofesi sebagai desainer sepatu dan pakaian muslimah.

10. Desy Ratnasari
     
Era 1990-an, Desy Ratnasari menjadi artis nomor 1 dan termahal serta menguasai jagat hiburan Indonesia. Tidak hanya pandai berakting, Desy juga menjadi model, bintang iklan, penyanyi dan pembawa acara papan atas Indonesia. Film dan sinetron yang dibintanginya banyak menyedot perhatian penonton, di antaranya "Olga dan Sepatu Roda", "Si Kabayan", dan "Joshua oh Joshua".

Lagu yang terkenal dari Desy Ratnasari adalah "Tenda Biru" dan "Takdir" yang membuat kontroversi. Desy telah menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Psikologi Universitas Atmajaya dan pendidikan S2 Fakultas Psikologi dari Universitas Indonesia. Sekarang Desy dicalonkan sebagai caleg oleh Partai Amanat Nasional untuk daerah Jawa Barat IV pada Pemilu 9 April mendatang.

11. Primus Yustisio
     
Primus mengawali kariernya di dunia sinetron sejak tahun 1997. Sinetron yang melejitkan namanya adalah sinetron "Cinta" yang ia bintangi bersama Desy Ratnasari. Sinetron lainnya yang membuat namanya melejit adalah "Panji Manusia Millenium" di mana ia berperan sebagai superhero di sinetron tersebut.

Karir politiknya dimulai ketika Primus menjadi Wakil Sekretaris Jenderal PAN dari tahun 2007 sampai sekarang. Pada tahun 2008, di mana Primus menyatakan untuk turut serta dalam pemilihan Bupati Subang periode 2008-2013, sebagai kandidat bupati (berpasangan dengan Agus Nurani) dari kalangan independen, namun pada pemilihan ini Primus kalah. Pada Pemilu legislatif tahun 2009, Primus mencalonkan dirinya sebagai caleg dari PAN dan Primus terpilih menjadi anggota DPR. Di Pemilu 2014 ini Primus kembali menjadi caleg untuk dapil Jawa Barat Vdengan nomor urut 2.

12. Lucky Hakim
     
Pria kelahiran Cilacap tanggal 12 Januari 1980 merupakan seorang aktor, penulis, penyanyi, dan produser. Tahun 2001, ia memulai kiprah karier pertamanya sebagai model beberapa iklan televisi, lalu berlanjut membintangi beberapa peran di sinetron, di antaranya serial "Mutiara Hati", "Muslimah" dan beberapa serial lain. Selain sinetron, Lucky juga berkiprah di film layar lebar, Lucky juga mempunyai sebuah production house dan telah banyak memproduksi FTV.

Kiprah Lucky di dunia politik dimulai dari ketika ia dicalonkan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai kandidat calon wakil walikota Bekasi dengan berpasangan dengan H. Dadang Mulyadi (DALU) nomor urut 3. Di Pemilu 2014, Lucky menjadi caleg untuk daerah pemilihan Jawa Barat VI.

13. Liza Natalia Sari
     
Penyanyi dangdut ini menjadi caleg untuk dapil Jawa Barat VII, dengan nomor urut 5. Liza Natalia adalah seorang artis, model, dan penyanyi dangdut, sempat bermain dalam beberapa film layar lebar dan juga sinetron televisi swasta nasional. Selain itu Liza juga tampil dalam berbagai iklan produk yang ditayangkan televisi dan majalah. Sebagai penyanyi Liza Natalia pernah mendapatkan penghargaan Album Dangdut Terbaik di Anugerah Musik Indonesia 2009, di ajang yang sama Liza juga memperoleh penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Terbaik.

14. Soraya Hapsari
     
Soraya Hapsari adalah finalis Miss Indonesia 2008, saat ini Soraya berprofesi sebagai model di Indonesia. Soraya yang baru menikah ini masih mengemban pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Meskipun bulan Mei nanti baru genap 24 tahun, Soraya maju menjadi calon legislatif dari Partai Amanat Nasional dengan nomor urut 3 untuk daerah pemilihan Jawa Barat VIII.

15. Yayuk Basuki
     
Mantan petenis andalan Indonesia di era 1990-an ini lahir di Yogyakarta 43 tahun lalu. Ia memulai karier profesional pada tahun 1990. Pada tahun berikutnya, ia menjadi petenis Indonesia pertama yang menjuarai turnamen profesional. Sepanjang kariernya, Yayuk berhasil memperoleh enam gelar tunggal Tur WTA dan sembilan gelar dari ganda. Prestasi terbaiknya dalam turnamen Grand Slam adalah mencapai babak perempat final Wimbledon pada tahun 1997. Ia pensiun dari karier profesional pada tahun 2004. Setelah pensiun Yayuk mencoba mencalonkan dirinya untuk menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari daerah pemilihan Jawa Tengah I melalui Partai Amanat Nasional.

16. Anang Hermansyah
     
Mantan suami dari diva Indonesia Krisdayanti ini lebih dikenal menjadi seorang penyanyi dan musisi Indonesia. Selain bernyanyi solo, Anang juga kerap berduet dengan penyanyi lain, Krisdayanti, Syahrini dan Ashanti yang sekarang menjadi istrinya. Anang juga menjadi pencipta lagu sekaligus produser untuk beberapa penyanyi, tidak hanya itu Anang juga memproduseri beberapa film layar lebar. Sekarang Anang mencoba peruntungannya di dunia politik dengan menjadi caleg di daerah Jawa Timur IV dan mendapatkan nomor urut 1.

17. Hengki Kurniawan
     
Hengki Kurniawan adalah seorang artis yang mencuat ketika membintangi beberapa sinetron remaja. Tidak hanya sinetron, Hengki juga menjadi pemain film layar lebar, film yang terkenal adalah "Buruan Cium Gue" yang menimbulkan kontroversi. Mantan suami dari Christy Jusung ini juga berprofesi sebagai wiraswasta dan produser. Pemilu 2014 menjadi awal langkah Hengki berkecimpung di dunia politik, Hengki menjadi caleg dari PAN untuk daerah pemilihan Jawa Timur VI.

18. Eko Hendro Purnomo
     
Pelawak sekaligus anggota DPR dari fraksi Partai PAN ini kembali mencalonkan dirinya sebagai caleg di Pemilu 2014 dengan dapil Jawa Timur VIII.

Eko pada awalnya berprofesi sebagai pelawak dan tergabung bersama Akri dan Parto dalam kelompok Patrio. Di PAN Ayah dari 3 orang anak ini menjadi Wakil Sekjend untuk periode 2010-2015, sedangkan di fraksi PAN DPR Eko menjadi humas sampai sekarang.

19. Dwi Yanuas Didi
     
Masyarakat lebih mengenal pria kelahiran 25 Januari ini dengan nama Dwi Yan. Dwi Yan memulai karier di dunia seni peran melalui film-film layar lebar dan sejumlah sinetron. Pada 2012, Dwi Yan sempat terjun ke dunia politik dengan menjadi calon Wakil Wali Kota Bengkulu. Di tahun 2014 ini Dwi Yan akan bersaing dengan caleg-caleg lain untuk menang di daerah pemilihan Jawa Timur VIII.

20. Zora Vidyanata
     
Zora mulai dikenal sejak menjadi finalis Putri Indonesia 2002 kemudian mengawali karier akting lewat sinetron "Bujangan". Zora yang berdarah Minang-Kalimantan ini melejit sebagai bintang sinetron lewat sinetron "Intan". Selain menjadi artis Zora juga menjadi seorang model, Zora juga berhasil menjadi Putri Kalimantan Barat di tahun 2002. Lulusan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini maju sebagai caleg di Kalimantan Barat dengan nomor urut 9.

Laporan Meisyanti Hutagaol

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir
Ilustrasi Kelebihan dari Investasi Properti.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Membeli properti, baik rumah atau pun tanah merupakan salah satu keputusan finansial terbesar dalam hidup seseorang dan memiliki potensi sebagai investasi jangka panjang

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024