Kampanye Hari Ketiga di Bekasi Sunyi Senyap

Poster caleg berkostum super hero di Kartini, Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVAnews - Kampanye terbuka hari ketiga di Bekasi sunyi senyap. Empat partai politik yang dijadwalkan kampanye hari ini di Bekasi, Jawa Barat, tidak melakukan kegiatan apa pun.

Belum ada penjelasan kenapa mereka tidak memanfaatkan waktu dan tempat yang sudah disediakan KPU Kota Bekasi tersebut. Empat parpol tersebut adalah PPP, Hanura, PBB, dan PKPI.

Empat parpol itu sudah dibagi per zona kampanye oleh KPU Kota Bekasi untuk menghindari gesekan sesama massa pendukung.

PPP di zona satu Bekasi Timur, Mustikajaya, Bantargebang, kemudian Hanura di zona dua, Jatiasih, Bekasi Selatan, PBB di zona tiga, Pondok Gede, Pondok Melati, Jatisampurna serta PKPI di zona empat, Bekasi Barat, Medansatria, dan Bekasi Utara.

"Saya tidak tahu alasannya kenapa mereka tidak melakukan kampanye rapat umum terbuka," kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, Selasa 18 Maret 2014.

Sesuai jadwal dan ketentuan yang tercantum di Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013, KPU Kota Bekasi wajib menyediakan sarana lapangan untuk kegiatan kampanye tersebut. "Untuk tempat tidak ada masalah. Kami sudah menyediakan beberapa lapangan untuk mereka kampanye," katanya.

Meski tidak menggunakan waktu untuk kampanye di putaran pertama ini, KPU Kota Bekasi, lanjut Ucu, tetap akan memberikan waktu dan tempat bagi partai untuk menggunakan kesempatannya di putaran selanjutnya.

"Waktu kampanye sampai tanggal 5 April 2014," katanya.

Sebenarnya, bukan hanya empat partai yang tidak menggunakan kesempatannya untuk kampanye terbuka di putaran pertama.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

"Sampai hari ini baru PKS, PDIP, dan Golkar. Kalau PKS mereka kan dipusatkan di GBK, sedangkan PDIP kampanye di Telukpucung Bekasi Utara, dan Golkar di Lapangan Multiguna," jelas dia.

Partai lain diketahui tidak menggunakan pengerahan massa melalui kampanye, namun melakukan kegiatan sosial. Seperti Partai Demokrat yang mengadakan fogging atau pengasapan untuk mencegah demam berdarah, Nasdem kegiatan bakti sosial, dan PKB mengadakan tausiyah atau pengajian bersama.

Gerindra bagi-bagi brosur di GOR dan PAN mengadakan kegiatan mancing bersama. "Biasanya partai akan memberitahu kami, apakah mereka akan mengganti kampanye terbuka dengan kegiatan lain. Tapi, empat partai yang dapat jadwal hari ini, tidak memberitahu. Itu sah-sah saja," kata Ucu.

Kampanye rapat umum terbuka di Kota Bekasi putaran satu berlangsung sejak 16-18 Maret. Putaran dua 20-22 Maret dan ketiga pada 25-27 Maret. Putaran empat 29-30 Maret dan 1 April, serta kelima pada 3-5 April 2014. (art)

Ilustrasi lokasi kejadian.

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Anggota TNI Prada Lukman dikeroyok sejumlah orang di Pasar Cikini, Rabu kemarin. Rekan Prada Lukman diduga membalas aksi itu dengan cari komplotan pelaku.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024