Nasdem Ancam Boikot Kampanye di Aceh

Bendera Partai Nasdem.
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang
VIVAnews
Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC
- Partai Nasdem mengancam melakukan boikot kampanye di Aceh, jika aparat kepolisian tidak bisa memberikan jaminan keamanan dan ketertiban jalannya kampanye.

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra
Hal tersebut ditegaskan Sekjen DPP Partai Nasdem Patrice Rio Capella, menanggapi kasus penganiayaan calon anggota DPR Aceh Partai Nasdem Dapil 7 Langsa-Aceh Tamiang, Muslim, yang menyebabkan korban tidak sadarkan diri serta harus mendapatkan perawatan intensif. Tidak hanya itu, potensi kekerasan dan gangguan keamanan pemilu di Aceh juga sudah terlihat sebelumnya, mulai dari penembakan posko pemenangan hingga penembakan terhadap caleg.

"Kalau masih ada kekerasan, kami akan berpikir ulang untuk melakukan kampanye-kampanye di Aceh. Dengan kata lain memboikot kampanye di Aceh," kata Rio di Medan, Sabtu 15 Maret 2014.


Karena itu, dia berharap agar aparat keamanan benar-benar menjalankan tugasnya, khususnya dalam pelaksanaan kampanye terbuka, yang mulai dilaksanakan pada Minggu, di mana akan terjadi konsentrasi massa yang sangat besar. Jika aparat keamanan tidak sigap untuk melakukan antisipasi, memungkinkan terjadinya gesekan dan tindak kekerasan yang mencoreng pelaksanaan kampanye.


Untuk itu, kepolisian harus dapat memberikan jaminan keamanan atas aktivitas politik di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Aceh. "Kepolisian harus mengambil tindakan yang tegas terhadap pelaku kekerasan politik di Aceh, menangkap dan hukum pelakunya," kata Rio.


Dia khawatir, jika Kepolisian mengulur-ulur waktu penuntasan kekerasan politik di Aceh justru akan semakin membuka ruang terulangnya kejadian serupa. "Kami khawatirkan kondisi keamanan di Aceh yang masih terjadi kekerasan terhadap caleg. Tidak hanya Nasdem tapi juga caleg parpol lain juga alami hal yang sama," tutur Rio.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya