Daftar Selebriti Jadi Caleg Nasdem

artis cantik siap ke senayan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVAnews
PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan
- Selebriti menjadi calon legislatif masih menjadi fenomena menarik di Pemilu. Sederet selebriti mencoba peruntungannya di panggung politik, mereka ramai-ramai mencalonkan dirinya di daerah Indonesia lewat partai politik.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Partai politik berharap dengan adanya para caleg artisnya partai politik tersebut bisa mendulang banyak suara. Berikut ini selebriti-selebriti yang bertarung di Pemilu 2014 dari Partai Nasdem:
BYD Pajang Mobil Konsep Ocean-M di Auto China 2024


1. Nil Maizar
 
Seorang pemain dan pelatih sepak bola Indonesia, memulai karirnya dengan menjadi pemain dan pelatih Semen Padang. Nil juga tercatat menjadi pelatih tim nasional Indonesia pada 13 April 2012. Turnamen pertama Nil sebagai pelatih timnas adalah Piala Internasional Palestina 2012 pada Mei 2012 dilanjutkan dengan piala AFF 2012 di Malaysia. Di Piala AFF 2012 Nil gagal membawa timnas Indonesia masuk ke fase berikutnya, Indonesia hanya berhasil duduk di peringkat tiga fase grup. Kegagalan ini membuat Nil Maizar dipecat dan memutuskan maju sebagai calon legislatif DPR dari Partai Nasdem dengan daerah pemilihan Sumatera Barat II.

2. Jane Shalimar
 

Jane memulai karirnya sebagai cover girl favorit pilihan pembaca Aneka yang kemudian menjadi bintang sinetron. Sinetron yang pernah dibintanginya antara lain, Padamu Aku Bersimpuh, Jalan Keadilan, Selendang Sutra Biru, dan Istri Pilihan serta FTV Selebritis Juga Manusia, Kasih, dan Cinta Yang Hilang. Jane Shalimar juga pernah menjadi penyiar radio dan pembawa acara di salah satu stasiun tv swasta.  Sekarang Jane Shalimar memutuskan untuk berkecimpung di dunia politik dengan menjadi calon legislatif dengan nomor urut 3 daerah pemilihan DKI Jakarta III dari Partai Nasdem.


3. Ricky Ahmad Soebagja

 

Caleg ini lebih terkenal dengan nama Ricky Soebagja merupakan mantan atlet bulutangkis nasional Indonesia. Pada masanya Ricky Soebagja berhasil menjuarai beberapa turnamen bergengsi dunia bersama dengan Rexy Mainaky, antara lain Medali Emas Olimpiade tahun 1996, Asian Games tahun 1994 dan 1998, Juara Dunia di tahun 1995, Juara All England tahun 1995 dan 1996, serta menjadi juara di beberapa turnamen open series lainnya. Setelah pensiun dari dunia bulutangkis Ricky Soebagja beralih profesi menjadi presenter televisi  olahraga. Saat ini lewat Partai Nasdem Ricky Soebagja maju menjadi calon legislatif dari daerah Jawa Barat I dengan nomor urut 1.


4. Melinda Susilarini

 

Salah 1 lady rocker Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Mel Shandy. Lahir di Bandung 42 tahun lalu, mencoba peruntungannya di dunia politik dengan maju sebagai calon legislatif dari partai Nasdem nomor urut 2 di provinsi Jawa Barat dapil 2. Mel Shandy mengawali karir sebagai penyanyi rock sejak usia belasan tahun, album yang dilahirkan antara lain Gacoan, Bianglala, Nyanyian Badai, Biang Keladi, Ngeri (bersama Metal Boyz), dan Komar. Album Bianglala ini menandai awal perjalanan Mel sebagai lady rockers ke puncak popularitas dengan hitsnya Bianglala dan Ulah Tuan dan Nona.


5. Mellyana Manuhutu

 

Salah satu penyanyi yang juga menjadi caleg dari partai Nasdem ini memulai karirnya sebagai penyanyi anak-anak. Selain menjadi penyanyi, Melly yang termasuk artis multitalenta juga menekuni bidang model, iklan dan sinetron. Melly pernah menjadi Ketua Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (IWAPI) di tahun 2012-2013 serta mempunyai riwayat perjuangan untuk pertanian organik di Indonesia. Lewat Partai Nasdem, Melly Manuhutu akan bertarung di provinsi Jawa Barat III dengan nomor urut 1


6. Maria Dinariati Inke Maris

 

Maria Dinariati Inke Maris adalah mantan reporter, penyiar, dan produser radio BBC London Seksi Indonesia pada periode tahun 1969-1982, serta penyiar, reporter, dan pewawancara TVRI pada periode tahun 1982-2001. Maria Dinariati Inke Maris juga pernah menjadi Tim Asistensi Menko Perekonomian pada tahun 1999-2001 serta menjadi anggota tim ahli pembahas draft RUU tentang Pornografi, Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Lulusan University of Leicester ini menjadi caleg dari daerah pemilihan Jawa Barat III dengan nomor urut 5.


7. Donny Damara

     

Selebritis yang memiliki nama asli Damara Prasadhana ini memulai karirnya tidak langsung dari seni peran, melainkan dari bintang iklan. Ia pernah mendapatkan nominasi pemeran pendukung terbaik dalam Festival Film Indonesia dalam filmPerwira dan Ksatria dan pada Festival Film Asia yang ke-6, Donny Damara mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam film Lovely Man, tidak hanya itu Donny Damara juga mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik Asian Film Award 2012. Lulusan Fisip dari Universitas Indonesia ini akan bertarung pada daerah pemilihan Jawa Barat IX dengan nomor urut 1.


8. Joice Triatman

     

Joice Triatman merupakan Runner up pada ajang Miss Indonesia pada tahun 2005. Joice lahir di Semarang pada tanggal 2 April 1980. Latar belakang pendidikannya adalah sarjana jurusan Matematika dari Universitas Parahyangan. Sempat bekerja sebagai news anchor di salah satu stasiun tv swasta pada tahun 2006-2008. Joice Triatman maju sebagai Caleg dengan menjadikan Jawa Tengah 1 sebagai daerah pemilihannya.


9. Nonny Chirilda

     

Nonny pada usia 18 tahun dinobatkan sebagai Putri Ayu Indonesia, akhir tahun 1993. Nonny kemudian menjadi model terkenal era 1990 hingga 2000-an, ia muncul di sampul majalah-majalah mode dan gaya hidup. Selain itu ia juga menjadi presenter acara di televisi dan menjadi MC serta bermain sinetron. Nonny mendirikan lembaga pendidikan Runway Modelling & Acting School dan NC Management Model & Talent. Di Pemilu legislatif ini Nonny Chirilda memilih daerah pemilihan Kalimantan Barat dengan nomor urut 4.


10. Virgie Baker

     

Virgie Baker merupakan alumni dari Universitas Indonesia jurusan sastra Jepang. Ia memulai kariernya di dunia televisi sebagai presenter acara musik untuk salah satu stasiun TV nasional. Pada tahun 2000, Baker bergabung bersama Metro TV sebagai reporter dan presenter.  Sekarang Virgie Baker bergabung bersama partai Nasdem dan menjadi caleg dengan nomor urut 2 untuk daerah pemilihan Sulawesi Utara.


11. Dian Ekawaty

     

Dian tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI nomor urut 2 dari daerah pemilihan Sulsel I. Dapil Sulsel I  meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Kepulauan Selayar. Dian Ekawaty merupakan seorang penyanyi Indonesia dengan judul lagu tanda-tandanya dan pernah membawa nama Indonesia berkibar di Asia dengan menjuarai sebuah festival musik di Singapura tahun 1991.


12. Sarwana Thamrin

     

Sarwana adalah penyanyi Indonesia yang memulai karirnya dengan bergabung bersama grup vokal Warna. Selain mengeluarkan album bersama Warna, Sarwana juga bernyanyi solo dan mengeluarkan beberapa album solonya salah satu lagunya yang terkenal adalah Setangkai Anggrek Bulan. Menantu dari Sukmawati Soekarnoputri ini menjadi caleg dari partai Nasdem dengan daerah pemilihan Sulawesi Barat I. (sj)



Laporan Meisyanti Hutagaol
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya