Abu Gunung Kelud Sampai ke Garut

Hujan Abu Gunung Kelud
Sumber :
  • REUTERS/Dwi Oblo
VIVAnews
Sekjen Gerindra Singgung Dukungan Paguyuban Warteg se-Indonesia Buat Kemenangan Prabowo-Gibran
- Abu vulkanik Gunung Kelud terus merambah ke barat. Di Garut, Jawa Barat, pengendara sepeda motor merasakan perihnya debu pada Jumat pagi ini, 14 Februari 2014.

4 Orang Sudah Konsultasi Maju Cagub Jakarta Jalur Independen, Siapa Saja?

"Tadi saya sedang berkendaraan sepeda motor, mata perih setelah diamati ada hujan debu tipis dari gunung Kelud," ujar Cuncun Sunarya (45), Jumat, 14 Februari 2014.
Belajar dari Kasus Kecelakaan Maut Subang, Polri Minta Masyarakat Lakukan Ini Sebelum Sewa Bus


Hal yang sama juga diakui Muhamad Ramdan (37), warga yang berada di Kecamatan Tarogong Kidul, Kompleks Pemkab Garut, bahwa abu vulkanik turun tipis, terlihat jelas menempel di kendaraan yang terparkir di halaman Kantor Informatika dan Kehumasan serta pada pakaian yang berwarna terlihat jelas ada bercak putih. "Ini abu vulkanik menempel di depan kendaraan, hanya memang masih tipis."


"Saya merasakan adanya hujan debu sekitar pukul 09.00 WIB," kata Ramdan.


Pengakuan yang sama juga diakui oleh Yanyan Afriza, warga Kecamatan Cikajang atau berjarak sekitar 54 km dari kawasan Kota Garut, bahwa di Cikajang saat ini sudah mulai turun hujan debu. Tampak jelas genteng sudah mulai berwarna putih.


"Genteng rumah saya sudah berwarna putih walaupun masih tipis."


Kondisi cuaca sejak pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB awan putih menutupi kawasan Kabupaten Garut dan sejak pukul 09.00 WIB mulai terasa turun abu vulkanik Gunung Kelud. "Dari pagi tadi memang cuaca mendung, ya sekitar jam 9 pagi tadi hujan turun."


Lamongan Juga Berdebu


Di Lamongan, Tuban dan Bojonegoro juga ada laporan debu vulkanik. Debu ini meresahkan warga karena membuat mata perih.


Langit Tuban seperti terselimuti abu Kelud. Di salah salah satu desa seperti Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, banyak barang-barang yang kotor lantaran percikan abu. "Kalau di mata rasanya perih,” kata kepala desa setempat, Santiko.


Sedangkan di kabupaten lainnya, seperti Bojonegoro dan Lamongan nampaknya warga setempat juga merasakan amukan abu tersebut. Salah satu warga Bojonegoro, Yasti, menyatakan kalau di Bojonegoro banyak abu Kelud. "Abunya sampai Bojonegoro,” katanya.


Seperti diketahui, Gunung Kelud meletus pukul 22.50 WIB, Kamis, 13 Februari 2014. Semburannya asap diperkirakan hingga 3.000 meter. Akibatnya, warga yang berada di radius 10 kilometer gunung diungsikan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya