Tentara Korut Latihan Penyerangan ke Bandara Korsel

Tentara Korea Utara sedang latihan
Sumber :
  • Reuters/KCNA
VIVAnews -
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Korea Utara kembali menyulut provokasi dengan Korea Selatan. Negara itu dilaporkan melakukan latihan simulasi penyerangan yang sasarannya adalah bandara Incheon di Seoul, ibukota Korsel.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Diberitakan
Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas
The Telegraph , Jumat 24 Januari 2013, latihan ini dilakukan pada malam hari 19 Januari lalu. Latihan ini melibatkan 150 tentara khusus penyerbu perbatasan dan pesawat transportasi AN-2 yang terbuat dari kayu dan kulit sehingga tidak terdeteksi radar.


Korut diyakini memiliki sekitar 300 pesawt AN-2. Tiap unitnya bisa membawa 10 pasukan komando dan lebih dari 1,6 ton kargo.


KCNA
melaporkan bahwa latihan itu disaksikan langsung oleh Kim Jong-un. Media corong pemerintah Korut ini mengatakan bahwa pasukan terjung payung telah menunjukkan "keterampilan mereka yang mengagumkan saat mendarat dengan akurat di titik yang ditentukan."


Kim dalam kunjungannya memuji unit angkatan udara Korut. "Militer kita harus terus mengasah kesiapan bertempur," kata dia.


Menurut sumber di pemerintah Korsel, dikutip koran
JoongAng Ilbo
, manuver tersebut adalah latihan pasukan Korut untuk menguasai fasilitas bandara sipil atau pesawat di dalamnya. Akibat latihan ini, pihak Korsel meningkatkan kewaspadaan mereka.


"Sekarang kami telah meningkatkan kewaspadaan militer terhadap kemungkinan serangan dari pangkalan Korut di Kota Tartan, provinsi Pyongan Utara, dan meningkatkan keamanan di Bandara Internasional Incheon," kata dia.


Tindakan provokatif Korut ini berlawanan denganmereka kepada Korsel. Melalui KCNA, Korut menyerukan dimulainya kembali proses rekonsiliasi dan perdamaian, tanpa adanya ketegangan antara kedua negara.


Surat tersebut masih belum ditanggapi pemerintah Korsel. Namun Korsel meyakini bahwa Korut akan melakukan provokasi militer mereka dalam beberapa bulan lagi. Hal ini disebut adalah reaksi Korut atas rencana latihan gabungan Korsel-AS bulan depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya