Menlu RI Janji Tahun Ini Perkuat Perlindungan WNI di Luar Negeri

WNI Tiba Dari Mesir
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
- Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa berjanji tahun ini terus memperkuat perlindungan bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri. Langkah penguatan itu dengan terus menempuh tiga pendekatan yang saling terkait, yaitu pencegahan, deteksi dini dan perlindungan.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Demikian kata Menlu dalam Pernyataan Pers Tahunan di Gedung Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Selasa, 7 Januari 2014. Menurut Marty, di tahun 2013 lalu menunjukkan semakin kompleks dan bervariasinya situasi yang memerlukan perlindungan terhadap WNI di luar negeri.
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients


Berbagai situasi pelik itu berupa buruknya kondisi kerja hingga instabilitas politik dan bencana alam. Namun, Marty menekankan soal pencegahan yang akan menjadi prioritas. Dengan begitu, dapat menghindarkan WNI dari berbagai masalah yang menimpa mereka ketika berada di luar negeri. 


Dari data yang Marty peroleh terdapat sekitar 40.236 WNI di luar negeri yang telah kembali ke Indonesia.


Di antara data tersebut, terdapat 10.436 WNI ilegal yang baru saja dipulangkan dari Arab Saudi paska masa amnesti berakhir. Mereka dipulangkan dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan pesawat khusus yang disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi dengan menggunakan maskapai Saudia Airlines.


Menurut rilis terakhir yang diterima
VIVAnews
dari Konsulat Jenderal RI di Jeddah, pemulangan terakhir WNI ilegal dilakukan pada 27 Desember 2013 lalu dengan jumlah 400 orang.  (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya