Setelah Berolahraga, Mengapa Lemas?

VIVAnews - Setelah berolahraga, bukannya badan menjadi segar dan bugar, tapi kok malah jadi tak bertenaga? Jika kondisi ini sering Anda alami, sebaiknya berhati-hati. Bisa jadi, keadaan tubuh Anda sedang tidak baik.

Pasalnya, sebenarnya salah satu manfaat olahraga adalah membuat daya tahan tubuh makin meningkat. Jadi, untuk tahu lebih jelas, simak saja dulu tiga kemungkinan yang bisa mengakibatkan terjadinya hal ini:
 
Anemia
Bila jantung Anda berdetak lebih cepat, nafas jadi pendek dan wajah memucat? Itu pertanda Anda menderita anemia. Penyebabnya bisa karena kurangnya darah akibat olahraga ataupun diet yang ketat.

Untuk mengatasinya, Anda cukup mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dam vitamin B12. Misalnya ikan dan sayuran hijau. Sarapan yang teratur setiap hari sebelum beraktivitas juga disarankan.

Gula Darah Tinggi
Jika Anda terus-menerus merasa dahaga selama berolahraga, serta tubuh terasa lelah dan lesu, berarti gula darah Anda sedang tinggi. Untuk mengatasinya, perbanyak minum air, setidaknya 8 gelas sehari. Selain itu, jangan lupa membiasakan diri untuk sarapan ringan, seperti setangkup roti isi selai, setidaknya 30 menit sebelum  olahraga.

Hormon Tidak Seimbang
Terlalu banyak kadar hormon kelenjar tiroid yang dilepaskan mengakibatkan Anda jadi terasa lelah, bahkan lebih lelah dibandingkan sebelum berolahraga. Bila kondisi ini terjadi, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani tes darah agar kelenjar tiroid tersebut bisa seimbang kembali.



Tempat Produksi Tembakau Sintetis di Kos Digerebek Polisi, Modusnya Pelaku Berindah-pindah
Prof. Dr. Ahmad Mulyana, M. Si. (Dekan Fikom Universitas Mercu Buana)

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

Dengan menggunakan rancangan desain paradigma kritis, penelitian tersebut berusaha membongkar cara kerja ideologis di balik konten digital dengan format kekerasan verbal.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024