Persetubuhan Anak, Tidak Ada Istilah Suka Sama Suka

Video mesum menyebar melalui HP. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Diki Hidayat

VIVAnews - Satuan Tugas Perlindungan Anak (Satgas-PA) mengecam keras pihak yang menyebutkan bahwa hubungan intim yang dilakukan oleh siswa dan siswi sebuah SMP di Jakarta dilakukan atas dasar suka sama suka.

Ketua Satgas PA, M Ihsan, menyebutkan dengan adanya pernyataan suka sama suka dapat mengaburkan permasalahan. Kemudian bisa disimpulkan oleh anak-anak bahwa kalau suka sama suka itu diperbolehkan.

"Menurut UUPA 23/2002 Pasal 81 dan 82 tidak ada istilah suka sama suka untuk persetubuhan dan pencabulan pada anak," kata M Ihsan, Rabu, 22 Oktober 2013.

Ihsan menambahkan, karena pelaku hubungan intim itu anak-anak, harusnya proses hukum ditujukan untuk memberikan efek jera, pembinaan dan perubahan perilaku pada anak.

"Jadi tidak pantas pihak manapun menggunakan istilah suka sama suka terhadap kasus anak yang dilakukan secara sukarela karena posisi anak adalah korban walaupun anak yang minta berhubungan badan atau dicabuli oleh orang lain," katanya.

Ihsan menambahkan, seharusnya kasus hubungan intim yang dilakukan dua siswa SMP itu tidak dipolisikan atau dibawa ke pengadilan. Tetapi dilakukan pembinaan agar tindakan seperti itu bisa ditekan.

"Karena pelaku dan yang terlibat anak-anak, sebaiknya tidak dibawa ke proses pidana atau pengadilan, tapi dibina dan direhabilitasi pada anak," katanya.

Sebelumnya, berdasarkan keterangan orang tua sang siswi, 16 tahun, peristiwa asusila terhadap anaknya terjadi pada Jumat 13 September 2013 lalu. Saat itu sang anak hendak pulang, tapi dalam perjalanan dari kelas menuju gerbang dia dihadang temannya yang berusia 16 tahun.

Polda Sumut Tangkap 1.254 Tersangka Narkoba dan Sita Sabu 209,4 Kg pada Januari-Maret 2024

Siswi itu kemudian dibawa ke sebuah ruangan yang berada di lantai dasar. Setiba di ruang tersebut teman-teman lainnya berdatangan dan memaksa siswi itu berbuat asusila. Karena merasa terpojok korban menurut.

Pelaku dan rekannya tidak puas melihat adegan tersebut yang direkam oleh HP. Mereka menyuruh korban untuk melakukan hubungan badan layaknya pasangan suami istri.

Maestro bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Termasuk Rudy Hartono, Ini 5 Tunggal Putra Peraih Trofi All England Terbanyak

Ada sejumlah pemain bulutangkis yang meraih trofi All England terbanyak. Salah satunya adalah legenda asal Indonesia yaitu Rudy Hartono.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024