Dahlan: BUMN Dukung Realisasi BPJS

pembukaan APEC CEO Summit 2013
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro
VIVAnews
Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN
- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, Senin 21 Oktober 2013, menegaskan bahwa seluruh perusahaan pelat merah mendukung transformasi PT Askes menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang akan mulai diberlakukan tahun depan.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Komitmen ini diresmikan hari ini pada acara pencanangan BPJS Kesehatan di kompleks Secapa, Sukabumi, Jawa Barat. Sebanyak 140 direktur utama perusahaan BUMN hari ini telah menandatangani komitmen keikutsertaannya dalam BPJS Kesehatan.
Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI


"Tadi malam, kami sepakat untuk mendukung agar BPJS Kesehatan ini
sustainable.
Karena, kalau tidak mendapat dukungan akan menjadi kesulitan," ujar Dahlan dalam sambutannya.


Para pegawai BUMN, ia melanjutkan, seharusnya lebih sadar mengenai pentingnya memperbaiki akses kesehatan masyarakat. Untuk itu, diharapkan keikutsertaannya dalam memberikan subsidi silang kepada masyarakat kurang mampu.


"Jadi, istilahnya yang mampu membantu yang kurang mampu," ungkapnya.


Dahlan dalam kesempatan itu juga menegaskan PT Askes pada saat bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan tidak lagi menjadi perusahaan pelat merah.


"Memang bebannya makin berat. Masalah struktural, beban perusahaan," kata Dahlan.


Meski demikian, menurut Dahlan, dengan mulai diterapkannya sistem jaminan sosial bagi rakyat, yang diawali dengan jaminan kesehatan, Indonesia telah mempersiapkan diri menjadi negara modern.


"Setidaknya BUMN sudah mempelopori ini, dengan harapan swasta menyusul ke depannya. Kalau sudah bergabung, semua sistem yang dicanangkan kali ini seperti negara modern," kata Dahlan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya