Lebih Bugar Dengan Lompat Tali

VIVAnews - Selain jogging dan berenang, lompat tali juga merupakan olahraga yang mudah, murah dan praktis. Hanya memerlukan tali skipping dan tempat yang rata, Anda bisa melakukannya di mana saja. Manfaatnya pun sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Lompat tali juga dapat membakar lemak dengan mudah dan cepat, serta bisa meningkatkan stamina, kebugaran, dan keseimbangan tubuh.

Jadi, agar bisa melakukannya dengan baik, Anda harus mengenakan busana yang tepat dan nyaman saat melakukannya. Kenakan baju yang menyerap keringat, sebab gerakan ini mampu membuat Anda berkeringat dengan cepat. Kenakan pula sepatu yang nyaman saat melompat, seperti sepatu tenis.

Sebelum memulai olahraga ini, sebaiknya Anda menyesuaikan panjang tali dengan tinggi tubuh. Untuk mengukurnya, pegang kedua ujung tali dan pijak tali tersebut. Kedua ujung tali tersebut harus berada di antara ketiak dan siku. Jika panjangnya lebih, simpulkan tali, lalu ukur kembali, hingga panjangnya sesuai. Bila semua sudah siap, berikut cara tepat melakukannya:

- Awali aktivitas ini dengan pemanasan, seperti lari di tempat, atau lompat-lompat kecil, selama 10-15 menit.
   
- Genggam pegangan ujung tali di kedua telapak tangan. Usahakan siku rapat dengan kedua sisi pinggang dan pergelangan tangan berada kira-kira 20-35 cm dari tubuh. Serta pandangan lurus ke depan. 

- Ayunkan tali ke atas dan ke bawah, sambil Anda melakukan lompatan saat tali berada di bawah Anda. Untuk menghindari cedera, sebaiknya, jarak kaki dengan lantai tidak lebih dari 30 cm. Usahakan kedua lutut rapat saat melompat, dan agak dibengkokkan sedikit ketika mendarat.

- Lakukan sebanyak 50 lompatan untuk permulaan. Jika sudah terbiasa Anda bisa menambah jumlah lompatan.

- Akhiri dengan pendinginan. Selamat mencoba!

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024