Sebagian Utang Bumi ke CIC Ditukar Saham Anak Perusahaan

Dileep Srivastava.
Sumber :
  • PT Bumi Resources Tbk

VIVAnews - PT Bumi Resources Tbk telah menandatangani perjanjian dengan China Investment Corporation (CIC) untuk menyelesaikan utang yang belum terbayar. Jumlah pokok utang mencapai US$1,3 miliar.

Direktur Bumi Resources, Dileep Srivastava, dalam keterangan tertulis, Rabu 9 Oktober 2013, mengatakan, perjanjian tersebut antara lain mengatur bahwa sebagian utang yang belum terbayar kepada CIC akan ditukar dengan kepemilikan saham sebesar 42 persen di PT Bumi Resources Minerals Tbk.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Selain itu, perseroan akan menukarnya dengan kepemilikan 19 persen saham masing-masing di PT Kaltim Prima Coal (KPC), Indocoal Resources (Cayman) Ltd, dan PT Indocoal Kaltim Resources. Bumi juga akan mengeluarkan saham baru senilai US$150 juta.

"Dalam perjanjian itu, pinjaman dua tahap yang diterima Bumi dengan jumlah pokok gabungan US$1,3 miliar yang akan jatuh tempo akhir 2014 dan 2015, akan diselesaikan," kata Dileep di Jakarta.

Dileep juga menjelaskan, jumlah sisa pinjaman akan dikonversikan menjadi utang berjangka waktu 3 tahun dengan suku bunga yang kompetitif.

Bumi, dia melanjutkan, akan mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan persetujuan yang disyaratkan berdasarkan ketentuan perundangan yang berlaku. "Kami bermaksud untuk menyelesaikan transaksi ini pada akhir tahun ini," tuturnya.

Penyelesaian ini, menurut Dileep, diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan aset Bumi, dan memenuhi sasaran pengurangan utang. Selain itu, Bumi akan memperkuat struktur permodalan dan keuangan untuk membuka peluang memeroleh pendanaan masa depan yang menguntungkan.

"Kami percaya, penyelesaian sisa utang akan mengembalikan dan meningkatkan nilai perusahaan serta pemangku kepentingan," tuturnya. (eh)

Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024