Ini Yang Bikin Beda Mobilio dari Avanza-Xenia

Honda Mobilio
Sumber :
  • VIVAnews/Herdy Muhardi

VIVAnews - Produsen mobil asal Jepang, Honda telah memperkenalkan mobil Low MPV pertama kali di dunia, Honda Mobilio pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, kemarin.

Imbas Kematian Siswa Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

Nah, Honda mengklaim Mobilio lahir untuk memenuhi permintaan kebutuhan berkendara pengguna Indonesia. Mobil LMPV itu muncul dari riset yang mendalam. 

"Kami pelajari apa yang diinginkan pengguna di sini. Dan ternyata banyak yang ingin mobil dengan kabin yang luas, kapasitas bagasi memadai dan performa daya bagus," papar Atcushi Arisaka, Research and Development Honda Company Asia Pasific, di Booth Honda, hari ini. 

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Untuk akomodasi keinginan itu, kata Arisaka, Mobilio didesain dengan comfort space, yaitu ruang kabin dan bagasi yang maksimal. 

"Kami juga beri kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga. Kedua baris kami sediakan ruang lebih lega dari kompetitor. Ada ruang lebih untuk kepala, lutut dan ruang kaki," jelasnya.

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Untuk mewujudkan ruang bagasi yang sesuai keinginan, Honda melakukan analisa ketinggian mobil dari lantai, lebar dan panjang kendaraan. "Ruang bagasi pada baris ketiga tetap nyaman," tambah dia.

Guna menambah kenyamanan pengguna, Honda menambahkan sentuhan pada pilar tengah dan kabin. "Itu untuk kurangi kebisingan. Kami optimalkan bagian interior," ujar Arisaka.

Arisaka menambahkan konsep besar Mobilio yaitu progresif private jetliner. Dengan demikian, Mobilio yang berarti mobility dan mobile itu dihadirkan sdengan konfirgurasi 3 baris untuk 7 penumpang.

Ia juga menegaskan segala ukuran Mobilio hadir dengan mempertimbangkan kondisi cuaca, jalan dan karakteristik khas Indonesia.  Makanya, mobil ini hadir dengan dimensi bodi panjang 4,4 meter, tinggi lebih dari 1,6 m, wheel base 2,6 m, lebar lebih dari 1,6 meter dsan radius putar dibawah 5,2 meter.

"Ground clearance yang berukuran 185 mm mendukung berkendara dalam kondisi setelah banjir dan maupun saat hujan," kata dia.

Mobilio makin lengkap dengan teknologi transmisi CVT, suspensi long wheel base, wodser rear track, spring rate, stabilizer stiffness damping force. 

Honda juga tak melupakan fitur keselamatan pengendara. Fitur konstruksi rangka bodi G-CON dan struktur bodi ACE, sistem pengereman ABS +EBD (untuk transmisi CVT), Dual front SRS Airbag, Pretensioner Seatbelt with Load Limiter, Impact Mitigating Headrest serta Pedestrian Protection. "Performa fitur keselamatan juga melinsdungi penumpang pada baris ketiga," tutupnya.

Jika sudah diproduksi, Mobilio akan berhadapan dengan Avanza-Xenia, Ertiga, dan Spin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya