SBY Minta Perusahaan Jepang Pasok Kebutuhan Gas di Indonesia

Presiden SBY Kembali Ke Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan Chief Executive Officer (CEO) Inpex Corporation, Toshiaki Kitamura, di kantornya, Rabu 18 September 2013. Perusahaan minyak dan gas bumi asal Jepang tersebut menegaskan kembali komitmen investasinya di Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden menyampaikan kondisi dan situasi yang sedang dihadapi Indonesia. Khususnya, upaya yang dilakukan pemerintah RI guna meredam dampak dari krisis ekonomi yang terjadi saat ini.

"Kami telah melakukan banyak hal dan berharap Inpex bersama pemerintah dapat meningkatkan kerja sama," ujarnya.

Presiden mengatakan, setiap peluang kerja sama antara kedua pihak, harus dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Khususnya dalam mempertahankan tetap tumbuhnya ekonomi Indonesia.

Karena itu, menurut SBY, sebagai salah satu perusahaan yang telah lama berinvestasi di Indonesia, Inpex harus ikut berperan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi itu.

"Masyarakat Indonesia akan memonitor apa kerja kami. Baik dari sisi pemerintah maupun kerja sama dengan perusahaan asing," tutur Yudhoyono.

Dalam kesempatan tersebut, Kitamura menegaskan komitmen perusahaan dalam kegiatan investasinya di Indonesia. Khususnya dalam penggarapan proyek Abadi LNG di blok Masela, Maluku.

Sebagai operator proyek, Inpex bekerja sama dengan Shell, mengembangkan lapangan gas Abadi yang disebut green-field project. Proyek Abadi menargetkan produksi awal LNG sebesar 2,5 juta ton per tahun, dengan jangka waktu 30 tahun.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, mengatakan, Kitamura telah melaporkan perkembangan pelaksanaan proyek tersebut kepada Presiden. Selain blok Masela, ada beberapa proyek lagi yang sedang dikerjakan.

"Yang besar ada dua, satu lagi investasi di blok Mahakam bersama Total," tambahnya.

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih

Proyek Tambahan

Perusahaan tersebut telah lebih dari 47 tahun beroperasi di Indonesia. Inpex telah melaksanakan 41 proyek migas dan saat ini aktif mengerjakan 12 proyek tambahan yang mencakup kegiatan eksplorasi.

Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Dia menambahkan, Presiden dalam pertemuan itu kembali menegaskan keseriusan perusahaan tersebut dalam eksplorasi gas di Indonesia. Upaya itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gas di dalam negeri yang terus bertambah setiap tahun.

"Kita perlu gas lebih banyak. Perusahaan diminta mendorong produksinya, sehingga bisa support industri domestik," tandasnya.

Sebagai hasil dari aktivitas bisnisnya di sektor minyak dan gas bumi Indonesia, Inpex telah menginvestasikan sekitar US$21 miliar. Ini menjadikan Inpex sebagai salah satu investor Jepang terbesar di Indonesia. (ren)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, AHY: Saatnya Rekonsiliasi

AHY meminta semua pihak agar legowo dengan keputusan MK.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024