Basket ISG, Indonesia Putra Menang Tipis atas Arab Saudi

Indonesia VS Singapura Saat SEABA 2011 di Jakarta; Mario Wuysang
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Tim Basket AS untuk Olimpiade 2016 Nikmati Fasilitas Mewah
- Tim Nasional (Timnas) Indonesia Basket putra berhasil mengalahkan timnas Arab Saudi dengan skor 61-59 pada pertadingan lanjutan Islamic Solidarity Games (ISG) III, di Palembang Sport Convention Center, Senin malam, 16 September 2013.

Wasit Basket Berhijab Asal Indonesia Tuntut Keadilan

Bermain di hadapan pendukungnya, tim putra Indonesia mampu mengakhiri quarter pertama dengan skor tipis 15-13. Indonesia terus meraih poin pada tembakan 3 angka pada babak kedua yang menjadi andalan para pemain Indonesia sehingga mengakhiri babak kedua dengan skor 32-25.
Manu Ginobili Dipanggil Timnas Argentina


Pada babak ketiga tidak banyak perubahan yang diterapkan pelatih Indonesia, lagi-lagi tembakan 3 angka menjadi andalan para pemain indonesia untuk mendulang poin sehingga menutup babak ketiga dengan skor 50-38.


Namun pada babak terakhir para pemain sedikit kehilangan ritme permainan sehingga para pemain mampu mengejar ketertinggal sehingga skor menjadi 59-59 dengan menyisakan 13 detik lagi, Namun pelatih Arab Saudi melakukan Walk Out (WO) setelah tidak menerima keputusan Wasit yang memberikan Free Throws kepada Indonesia setelah pemain Arab Saudi melakukan pelanggaran dan skor pun berubah menjadi 61-59 untuk kemenangan Indonesia.


Pelatih Timnas Basket Indonesia Putra Tjetjep Firmansyah mengatakan pihaknya belum mengetahui adanya pemberitahuan hasil akhir pertandingan atas WO-nya para pemain Arab Saudi di 13 detik terakhir babak keempat tersebut.


"Kami belum mendapatkan hasil akhir dari Panitia atas WO-nya tim Arab, yang pasti hasil akhir kita unggul 2 poin sebelum mereka (tim Arab- red) mengundurkan diri, Saya tidak melihat hasil akhirnya tapi perjuangan para pemain," ujar Tjetjep saat diwawancarai usai pertandingan


Tjetjep menjelaskan, anak asuhnya bermain cukup baik pada pertadingan tersebut, strategi yang diterapkan berjalan sesuai harapannya, namun sayang pada babak terakhir stamina anak asuhnya sedikit menurun dan banyak membuat kesalahan sehingga tim tamu berhasil mengejar poin.


"Anak-anak malam ini bermain cukup baik namun sayang dimenit-menit akhir stamina menurun dan banyak membuat kesalahan, tembakan 3 angka memang menjadi andalan kita dalam pertandingan malam ini sehingga kita bisa memenangkan pertandingan ini," pungkasnya


Ketika ditanya permainan kasar dari kedua tim yang terlihat dalam pertandingan tersebut Kapten Timnas Indonesia Cristian Ronaldo Sitepu mengungkapkan pertandingan seperti itu biasa terjadi pada pertandingan Basket, maka dari itu dirinya telah mengingatkan rekannya se-tim untuk menahan dan jangan sampai emosi terlepas sehingga merugikan tim sendiri


"Saya sebagai pemain itu hal biasa, Saya telah mengingatkan pada teman-teman agar emosi dilapangan harus bisa ditahan jangan sampai kelepasan agar tidak merugikan tim," singkatnya.


Partai berikutnya timnas Indonesia akan menghadapi tim kuat Turki pada 18 September 2013.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya