Kementerian Perindustrian Buka Lowongan Ratusan CPNS

Pegawai Negeri Sipil
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews - Kementerian Perindustrian membuka lowongan untuk ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Perekrutan terbuka ini terbuka untuk lulusan sarjana, diploma, dan sekolah menengah kejuruan (SMK).
Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

"Kementerian Perindustrian membutuhkan anak-anak muda yang memiliki kompetensi sekaligus berintegritas tinggi untuk membangun negara dan bangsa serta melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan," kata Kepala Biro Kepegawaian, Agus Mundiyono, di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Kamis 12 September 2013.
Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Berdasarkan persetujuan prinsip alokasi formasi CPNS tahun anggaran 2013 yang ditetapkan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Perindustrian membuka rekrutmen pelamar sebanyak 340 formasi dengan 45 jabatan prioritas.
Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan, antara lain jurusan Teknik Industri, Hubungan Internasional, Hukum, Ekonomi/Manajemen, Desain/Seni Rupa, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi, Teknik Tekstil, Teknik Sipil, Komunikasi, Kimia Analis, Farmasi, Fisika, Matematika, Psikologi, dan Akuntasi. Pelamar harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan nilai TOEFL minimal 475 khusus jenjang pendidikan D-4, S-1, S-2, dan S-3.

Batas usia pelamar untuk tingkat SMK maksimal 22 tahun, D-3 atau Sarjana Muda maksimal 25 tahun, D-4 atau S-1 maksimal 28 tahun, S-2 maksimal 30 tahun, dan S-3 maksimal 35 tahun.

Persyaratan Indeks Prestasi Jenjang Pendidikan untuk S2 minimal IPK 3,25, S-1, D-4, dan D-3 minimal IPK 2,75, serta SMK minimal nilai rata-rata Ujian Akhir Nasional (UAN) 7,0.

Jenjang Pendidikan S-3, S-2, S-1 dan D-4 harus ada akreditasi A. Kecuali untuk bidang studi yang belum ada Akreditasi A di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia minimal terakreditasi B. Sedangkan minimal Akreditasi B, bagi perguruan tinggi negeri di luar Pulau Jawa dan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian.

Untuk jenjang pendidikan D-3 minimal Akreditasi B atau minimal terakreditasi untuk bidang teknologi industri kulit. Terakhir, jenjang pendidikan SMK harus akreditasi A.

Sementara itu, persyaratan dokumen validasi yang dibutuhkan, antara lain formulir pendaftaran dari hasil cetakan pendaftaran online, fotokopi ijazah terakhir atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah disahkan atau dilegalisisasi pejabat yang berwenang beserta transkripnya, akreditasi SMK dan perguruan tinggi, pasfoto 3x4 sebanyak tiga lembar dengan latar belakang warna merah, serta fotokopi KTP.

Rencana pelaksanaan rekrutmen CPNS Kementerian Perindustrian adalah sebagai berikut:
(1) Pengumuman melalui media cetak dan website Kemenperin (11 - 25 September 2013).
(2) Registrasi online di website Kemenperin (16 - 25 September 2013).
(3) Ujian online di website Kemenperin (28 September 2013).
(4) Validasi dokumen persyaratan administrasi (7 - 12 Oktober 2013).
(5) Ujian tes kompetensi dasar (TKD) dengan lembar jawaban komputer (UK) (3 November 2013).
(6) Ujian tes kompetensi bidang (TKB), psikotest, wawancara, dan tes kemampuan mengajar bagi formasi dosen, guru, dan instruktur (18 November 2013).

"Keterangan lebih lengkap perihal rekrutmen ini dapat diakses di rekrutmen.kemenperin.go.id," kata Agus. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya