KPU Minta Caleg Tahan Diri Pasang Billboard dan Spanduk

Logo KPU
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Darwin Fatir

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin 26 Agustus 2013 meminta calon legislatif (caleg) untuk tidak membuat alat peraga kampanye terlebih dahulu. Sebab, peraturan KPU mengenai pedoman berkampanye belum secara resmi disahkan.

"Sebaiknya caleg menahan diri dulu. Tunggu saja mekanisme di KPU," kata anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah di gedung Bawaslu, Jakarta.

Ferry menjelaskan aturan kampanye saat ini masih dalam proses penyelesaian di Biro Hukum KPU. Ia memastikan, draf aturan tersebut belum disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

"Sedang dalam proses perapian di Kabiro Hukum. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah keluar," ujarnya.

Meskipun demikian, para caleg tetap boleh melakukan sosialisasi dengan menggunakan alat peraga lain seperti poster. Yang disarankan untuk tidak digunakan adalah billboard dan spanduk. "Banyak hal bisa dilakukan caleg, bisa poster, liflet, blusukan, atau pertemuan terbatas," tuturnya.

Sementara itu di tempat yang berbeda Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi berharap peserta Pemilu 2014 termasuk para calon legislatif (caleg) tidak boros dalam memasang spanduk atau baliho untuk kampanye. Gamawan meminta mereka untuk menggunakan biaya kampanye secara tepat.

"Saya berharap tidak jor-joran selama ini. Lebih cerdaslah. Jangan hanya memampangkan gambar seperti itu," katanya.

Penyebab Juara Bertahan Bandung bjb Tandamata Takluk di Laga Perdana Proliga

Gamawan juga berharap ribuan caleg yang sudah lolos ke dalam daftar caleg tetap (DPT) untuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Oleh karena itu, materi kampanye, dan metode penyampain visi-misi harus lebih bermanfaat.

"Iya, ini kan tentang pendidikan politik. Makanya jangan sekadar memampangkan gambar, tapi ada pendidikan," jelasnya.

Terkait rencana KPU melarang para caleg memasang alat peraga yakni spanduk, dan billboard sebelum peraturan KPU mengenai tata cara berkampanye keluar, Gamawan menyatakan dukungannya. Ia menegaskan akan turut membantu suksesnya pelaksanaan Pemilu 2014 dengan menyosialisasikannya ke setiap kepala daerah. (umi)

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Kaesang menyambut baik langkah PKB dan Nasdem yang merapat ke kubu Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024